Focused Quality adalah kualitas
terfokus. Kualitas selalu berhubungan erat dengan pelanggan. Dengan demikian
pelayanan diberikan bertujuan untuk memenuhi keinginan dari pelanggan atau
konsumen.
Focused Quality merupakan bagian dari
Total Quality Management (TQM). Focused Quality ini disusun karena banyak
sekali perusahaan yang menggunakan TQM tapi mulai menyimpang dan sering
mengalami kegagalan. Sebagian kegagalan TQM dikarenakan mereka tidak memadukan
usaha TQM dengan praktek manajemennya untuk mencapai sasaran bisnis yang strategis.
Berikut ini adalah alasan pokok kegagalan dari TQM, diantaranya:
1.
Upaya yang dilakukan tidak
terfokus. Artinya TQM dilaksanakan secara sporadic tanpa memperhatikan yang
penting.
2.
Eksekutif senior tidak terlibat
dalam manajemen mutu.
3.
Beberapa organisasi mempunyai
visi dan misi tetapi tidak mempunyai disiplin untuk melaksanakannya (Brelin,
dkk, 1997).
Untuk mencegah hal tersebut maka
lahirlah Focused Quality dengan dasar pemikiran bahwa prakarsa mutu harus
diarahkan untuk memperbaiki proses yang mempunyai dampak terbesar pada apa yang
harus terjadi kalau suatu organisasi ingin mencapai sasarannya.
No comments:
Post a Comment