Beberapa pengertian
kualitas menurut beberapa pendapat adalah sebagai berikut :
1.
Menurut
Juran (1974)
Kualitas adalah
kepuasan untuk dipakai, sedangkan Crosby (1979) mendefinisikan kualitas adalah
kesesuaian terhadap permintaan atau spesifikasi.
2. Menurut Mitra (1993)
Kualitas sebuah produk
atau jasa adalah kesesuaian produk atau servis tersebut untuk memenuhi atau
melebihi maksud kegunaannya seperti yang diminta oleh pelanggan.
3.
Menurut Reksohadiprojo (1995).
Kualitas adalah
ukuran seberapa dekat suatu barang atau jasa sesuai dengan standar tertentu,
standar mungkin berlainan dengan waktu, bahan, kinerja, kehandalan atau
karakteristik (obyektif dan dapat diukur)yang dapat dikuantifikasikan.
4.
Menurut perbendaharaan istilah ISO 842 dan dari standar
nasional Indonesia (SNI 19-8402-1991)
Kualitas
adalah keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang kempuannya
dapat memuaskan kebutuhan baik yang dinyatakan tegas maupun samar.
Pengertian dalam
kontek statistical process control adalah bagaimana baiknya suatu output
itu memenuhi spesifikasi dan toleransi yang ditetapkan oleh bagian disain
produk yang disebut dengan kualitas disain harus berorientasi pada kebutuhan
pasar.
No comments:
Post a Comment