Dalam
kehidupan sehari-hari, kita senantiasa dikelilingi oleh berbagai pihak yang
melakukan kegiatan pemasaran. Kegiatan penjualan, periklanan, dan publikasi
merupakan bentuk dari kegiatan pemasaran. Menurut Kasali (2001), pemasaran
merupakan suatu konsep yang menyangkut suatu sikap mental, suatu cara berpikir
yang membimbing anda melakukan kegiatan sesuatu.
Kegiatan
sesuatu itu tidak selalu berupa menjual suatu benda, tetapi juga menjual
gagasan-gagasan, karir, tempat, jasa serta kegiatan-kegiatan nirlaba seperti
yayasan-yayasan sosial keagamaan. Pada masa sekarang ini orientasi perusahaan
lebih tertuju pada pasar daripada produk. Dengan demikian pemasaran mempunyai
arti penting bagi setiap perusahaan. Pemasaran tidak sekedar penjualan atau
periklanan saja. Menurut Kotler (1997), pemasaran merupakan suatu proses sosial
dan manajerial dimana seseorang atau kelompok berusaha memperoleh apa yang
mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan mempertukarkan
barang dan jasa yang bernilai
bagi individu atau kelompok lain.
No comments:
Post a Comment