Manajemen
pemasaran terjadi bila setidaknya satu pihak dalam pertukaran potensial
memikirkan sasaran dan cara mendapatkan tanggapan yang dia kehendaki dari pihak
lain. Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan, pemberian harga, promosi dan distribusi dari
barang-barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok
sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi. (Kotler, 1997)
Definisi
ini menyadari bahwa manajemen pemasaran adalah proses yang mencakup analisis, perencanaan, pelaksanaan dan
pengawasan juga mencakup barang, jasa serta gagasan: berdasarkan pertukaran dan
tujuannya adalah memberikan kepuasan bagi pihak yang terlibat.
Manajemen
pemasaran dapat terjadi dalam organisasi dengan semua pasarnya. Misalnya dalam
sebuah perusahaan mobil, direktur personalia mengurus pasar pekerja; direktur
pembelian mengurus pasar bahan mentah dan direktur keuangan mengurus pasar
uang. Masing-masing harus menentukan sasaran dan membuat strategi untuk
mencapai hasil yang memuaskan dalam pasar-pasar tersebut Eksekutif ini biasanya
tidak disebut pemasar atau dididik dalam pemasaran. Kebanyakan dari mereka
adalah pemasar “paruh waktu”. Biasanya manajemen pemasaran dihubungkan dengan
tugas dan orang-orang yang bergerak dalam pasar pelanggan. Kita akan mengikuti
konvensi ini, walaupun apa yang kita katakan tentang pemasaran berlaku untuk
semua pasar.
No comments:
Post a Comment