Monday, January 28, 2019

Pengaplikasian Definisi Dari Inovasi (skripsi dan tesis)




Terdapaempat faktor yang mendasarinya, menurut Nugroho (2003:398), terdiri dari:
a.    Orientasi Produk

Konsumen  menyukai  produk  yang menawarka kualitas  da performancterbaik serta inovatif. Perusahaan seringkali mendesain produk tanpa input darcustomer.
b.    Orientasi Pasar

Kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdirdari penentuan kebutuhadan keinginan dari target market serta memberikan kepuasan secara lebih baik dibandingkapesaing.
Ada empafaktor yang menjadi landasan utama konsep ini, yaitu:

1.    Penetua targe market   secar tepa da mempersiapka program pemasaran yang sesuai.
2.    Fokus pada customer needs untuk menciptakan customer satisfaction.





3.    Integrated marketing, setiap bagian atau departement dalam perusahaan bekerja sama untuk melayani kepentingan konsumen yang terdiri dari dua   tahap,   yaitu:   fungsi-fungsi   marketing   harus   terkoordinir   dan kerjasama antar departement.
4.    Profitability, profit diperoleh melalui penciptaan nilai pelanggan yang berkualitas, pemuasaakan kebutuhan pelanggan lebih baik daripada pesaing.
c.    Orientasi Perusahaan

Adalah menentukan keinginan dakebutuhan dari target market dan memberikan kepuasan secara lebih baik dibandingkan para pesaing melalui suatu   cara   yang   dapat   meningkatkan   kesejahteraan   konsumen   dan masyarakat.
d.    Orientasi Konsumen

Pada prinsipnydalam penyebaran produk baru (inovasi), konsumen menginginkan produk yang ada tersedia di banyak tempat, dengan kualitayang tinggi, akan tetapi dengan harga yanrendah sehingga konsumen lebih banyak mengkonsumsi barang dan bahkan sampai pembelian yang berulang- ulang.

No comments:

Post a Comment