Bandura (1997) menyebutkan tiga aspek efikasi diri,
diantaranya adalah:
a.
Level
(tingkatan)
Tingkat dari kesulitan tugas yang diyakini seseorang
bahwa tugas yang sulit itu akan dapat diselesaikan dengan berhasil (Greenberg
dan Baron, 2003). Konsep ini berkaitan dengan pencapaian tujuan. Beberapa
individu berfikir bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas yang sulit. Tingkat
dari suatu tugas dapat dinilai dari tingkat kecerdikan, adanya usaha,
ketelitian, produktivitas, cara menghadapi ancaman dan pengaturan diri yang
dikehendaki. Pengaturan diri tidak hanya dilihat dari apakah seseorang dapat
melakukan suatu pekerjaan pada saat tertentu namun apakah seseorang dapat
memiliki efikasi diri pada setiap saat untuk menghadapi situasi bahkan ketika
individu diharapkan untuk pasif.
b.
Strength
(kekuatan)
Tingkat kepercayaan seseorang apakah dapat melakukan
pada masing-masing tingkatan atau komponen tugas. Ada individu yang memiliki
kepercayaan kuat bahwa mereka akan berhasil walaupun dalam tugas yang berat,
sebaliknya ada juga yang memiliki kepercayaan rendah apakah dapat melakukan
tugas tersebut. Individu dengan efikasi diri yang rendah mudah menyerah apabila
mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan, sementara individu dengan yang
memiliki keyakinan kuat terhadap kemampuannya akan tekun berusaha menghadapi
kesulitan dan rintangan. Individu yang memiliki keyakinan kuat terhadap
kemampuannya menganggap tugas yang sulit sebagai tantangan yang harus dihadapi
daripada sebagai ancaman atau sesuatu yang harus dihindari (Bandura, 1997).
c.
Generality
(Generalitas)
Tingkatan harapan seseorang yang digeneralisasikan
pada banyak situasi atau hanya terbatas pada tugas tertentu. Aspek ini
menunjukkan apakah individu mampu memiliki efikasi diri pada banyak situasi
atau pada situasi-situasi tertentu. Generalitas dapat dinilai dari tingkatan
aktivitas yang sama, cara-cara dalam melakukan sesuatu dimana kemampuan dapat
diekspresikan melalui proses kognitif, afektif dan konatif, jenis situasi yang
dihadapi dan karakteristik individu dalam berperilaku sesuai tujuan.
No comments:
Post a Comment