Monday, May 6, 2019

Kerangka Metode Analisis Isi (skripsi dan tesis)


1. Penentuan Sampel
Ada kemungkinan (meski kecil) untuk dapat meneliti semua materi yang
relevan dengan sebuah permasalahan tertentu. Sebagai sebuah alternatif bagi
sebuah perlakuan total yang ideal, sampel bisa digunakan berdasarkan metode probabilitas dan dalam situasi sampel kuota tertentu juga (Marten 1983:280).  Holsti (1968:653) merekomendasikan suatu proses penyeleksian sampel dengan berbagai tahapan: (a) penyeleksian pengirim, (b) penyeleksian dokumen, dan (3) penyeleksian sebuah subset dokumen.
2. Unit Analisis
Unit-unit analisis merupakan komponen teks yang terkecil tempat
ditelitinya kejadian dan karakterisasi variabel-variabel (sifat,kategori). Oleh
karena sebuah teks tidak terdiri atas 'unit-unit yang alami', unit-unit tersebut harus dijelaskan pada tataran sintaktik atau semantik untuk setiap penyelidikan konkretnya (Harkner 1974:173): unit yang dijelaskan secara sintaktis, sebagai contoh, adalah tanda (kata), kalima teks lengkap, ruang (area) dan waktu; unit yang dijelaskan secara semantik umpama saja adalah orang, pernyataan dan unit makna.
Holsti (1968: 647) membedakan antara unit rekaman dan unit konteks: (a)
unit rekaman adalah unit tekstual terkecil tempat ditelitinyakejadian variabel; (b) unit konteks digunakan untuk menetapkan karakterisasi variabel-variabel, seperti perhitungan negatif atau positifnya.
3. Kategori dan Koding
Inti dan peranti utama analisis isi apa pun adalah sistem kategorinya:
setiap unit analisis harus dikodekan atau dengan kata lain, harus dialokasikan pada satu atau lebih kategori. Holsti (1868:645), mengikuti jejak Berelson (1852:147), merumuskan sebuah daftar jenis kategori yang bisa digunakan sebagai dasar untuk merancang suatu sistem kategori:
Subjek, tema : mengenai apa?
Arah : bagaimana tema itu ditangani?
Norma : apakah dasar yang digunakan untuk melakukan klasifikasi dan
evaluasinya?
Nilai : sikap, tujuan, dan keinginan apa yang diperlihatkan?
Alat : sarana apa yang digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan itu?
Ciri : ciri-ciri apakah yang digunakan untuk menggambarkan orang?
Aktor : siapa yang memprakarsai tindakan tertentu dan siapa yang
melaksanakan tindakan itu?
Otoritas : atas nama siapa pernyataan-pernyataan itu dibuat?
Asal muasal : dari mana asal komunikasi tersebut?
Sasaran : ditujukan kepada siapa komunikasi tersebut?
Tempat : di mana tindakan itu terjadi?
Konflik : apa penyebab konflik yang timbul? Siapa saja yang terlibat?
Seberapa kuat konflik tersebut?
Hasil : apakah konflik tersebut berakhir bahagia, tragis, atau tidak pasti?
Waktu : kapan terjadinya tindakan itu?
Bentuk atau jenis komunikasi : saluran komunikasi apa yang digunakan?
Bentuk pertanyaan : bentuk sintaksis dan gramatikal apa yang bisa
ditemukan?
Metode : metode propaganda atau retorika apa yang digunakan?
Daftar ini memperlihatkan kemiripan yang banyak dengan daftar
pertanyaan etnografis dan memperlihatkan bahwa analisis isi klasik tidaklah
membatasi dirinya semata-mata pada isi komunikatif yang eksplisit. Pertanyaanpertanyaan tersebut di atas tidak dijawab secara langsung dengan mengacu pada teks, namun membentuk dasar bagi pengembangan sebuah peranti, yakni sebuah skema kategori.

No comments:

Post a Comment