Menurut Hurlock (2000 : 83) ada beberapa fungsi dan tujuan penerapan kedisiplinan pada anak yaitu :
- Kedisiplinan memberi rasa aman dengan memberitahukan apa-apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jadi penerapan kedisiplinan pada anak akan mebentuk pribadi yang bertanggung jawab terhadap segala peraturan yang telah diterapkan.
- Kedisiplinan memunkinkan anak hidup menurut standar yang disetujui kelompok sosial dan dengan demikian memperoleh persetujuan sosial. Dengan demikian, perilaku anak dapat diterima oleh masyarakat.
- Kedisiplinan yang sesuai dengan perkembangan berfungsi sebagai motivasi pendorong ego yang mendorong anak mencapai apa yan diharapkan darinya.
- Kedisiplinan membantu anak mengembangkan hati nurani dalam mengambil keputusan dan pengendalian perilaku.
- Memberikan dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang.
- Membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan yang lingkungan
- Cara menyelesaikan tuntutan yang ingin ditunjukkan peserta didik terhadap lingkungannya
- Untuk mengatur keseimbangan keinginan individu satu dengan individu lainnya.
- Menjauhkan siswa melakukan hal-hal yang baik dan benar.
- Peserta didik belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, positif dan bermanfaat baginya dan lingkungannya.
No comments:
Post a Comment