Saturday, May 27, 2023

Komponen-Komponen dalam Analisis Persaingan

 


Menurut Rewoldt, Scott, dan Warshaw (1986) dalam bukunya Sunyoto (2015;21)
komponen-komponen dalam analisis persaingan terdapat dua tipe yaitu faktor
lingkungan dan faktor strategi pemasaran. Faktor-faktor tersebut menjadikan
perusahaan lebih baik lagi. Manajer pemasaran dapat menggunakan faktor-faktor
yang dikajinya untuk mengambil keputusan dalam menentukan strategi pemasaran
yang tepat.
17
1. Faktor Lingkungan
a. Permintaan
Permintaan dapat dibatasi oleh beberapa faktor diantaranya adalah
penghasilan, norma-norma perilaku yang akseptabel, dan tekanan waktu
yang menggerakkan konsumen.
b. Persaingan
Persaingan dalam suatu usaha dapat menjadi ancaman bagi perusahaan
apabila menyepelekan pesaing. Keadaan persaingan saat ini, ancaman
pendatang baru, dan antisipasi serangan dari pihak pesaingnya tentu akan
memoengaruhi perencanaan strategi pemasaran.
c. Struktur Distribusi
Strategi pemasaran yang tepat harus memperhatikan ada tidaknya saluran
distribusi yang sesuai, kesanggupan dari pihak perusahaan, kesanggupan
permintaan yang ditunjang biaya distribusi, persaingan produk yang
berada dalam saluran itu, tren institusional dalam saluran, dan kebutuhan
saluran sudah melengkapi kebutuhan iklan, penjualan perorangan, dan
promosi penjualan.
d. Hukum Pemasaran
Banyak hambatan hukum yang telah dikenakan terhadap para penjual.
Seorang penjual lain ingin memperbaiki kualitas usaha para distributor
dan dealer dalam penjualan produknya. 
e. Biaya non-pemasaran
Biaya non pemasaran yang dimaksud adalah biaya produksi dan biaya
overhead pabrik.
2. Faktor Strategi Pemasaran
a. Produk
Produk yang dimaksud adalah salah satu faktor penting bagi manajer
pemsaran karena merupakan sesuatu hal yang dapat dikendalikan dan alat
yang efektif bagi manajer pemasaran untuk strategi pemasarannya.
b. Distribusi
Distribusi yang dimaksud adalah dapat memilih daerah dimana akan
memasarkan produknya dan daerah mana yang tidak dapat dimasukinya.
c. Harga
Penjual dapat lebih rendah dalam menentukan harga dari pesaing melalui
berbagai pertimbangan.
d. Promosi Penjualan
Faktor yang diperdulikan untuk peningkatan penjualan sebagai strategi
penjualan yang beranekaragam bentuknya.

No comments:

Post a Comment