Monday, October 16, 2023

Badges Elemen GAmifikasi

 


Badges (lencana) merupakan representasi visual dari achievement (prestasi)
pemain dalam sistem gamifikasi. Istilah “badges” dan “achievements” sering
digunakan untuk menunjukkan makna yang sama dalam gamifikasi. Beberapa
lencana secara sederhana menggambarkan level-level tertentu dari poin. Seperti
contoh penggunaan lencana pada sistem gamifikasi fitbit yang memungkinkan
orang untuk menggunakan wireless pedometer untuk melacak jarak tempuh
dengan berlari atau berjalan. Sistem akan menampilkan lencana ketika pengguna
mampu menempuh jarak tertentu seperti 3 kilometer dalam seminggu atau 10.000
langkah per hari.
Judd Antin dan Elizabeth Churchill menyatakan bahwa penggunaan lencana
yang didesain dengan baik mempunyai lima karakteristik motivasi:
1. Lencana dapat memberikan tujuan atau goal bagi pemain agar berusaha
memperolehnya. Hal ini telah terbukti memiliki efek positif pada motivasi.
2. Lencana memberikan petunjuk mengenai hal-hal apa yang mungkin dalam
sistem dan menghasilkan semacam umpan balik apa yang harus sistem
lakukan. Hal ini merupakan fitur penting untuk melibatkan pemain dengan
sistem.
3. Lencana merupakan sinyal yang menunjukkan bahwa pemain peduli dengan
apa yang telah dilakukan. Lencana menjadi semacam penanda visual reputasi,
dan pemain akan berusaha memperoleh lencana untuk menunjukkan kepada
pemain lain bahwa dia mampu.
4. Lencana bisa menjadi simbol status virtual dan simbol perjalanan pemain
dalam sistem gamifikasi.
5. Lencana dapat berfungsi sebagai penanda kesamaan. Seorang pemain yang
memiliki beberapa lencana yang sama seperti pemain lain akan merasakan
kesamaan identitas.
Salah satu sifat penting lencana yaitu flexibility. Berbagai jenis lencana
dapat diberikan sebagai hadiah untuk berbagai jenis aktivitas. Penggunaan lencana
hanya akan dibatasi oleh imajinasi perancang gamifikasi dan kebutuhan bisnis.

No comments:

Post a Comment