Monday, October 16, 2023

Gamifikasi

 


Gamifikasi merupakan penerapan fungsi permainan ke dalam proses
pemebelajaran dengan tujuan pendidikan, yang fungsi utamanya adalah
mempermudah proses belajar. Dalam sebuah litertur jelaskan, istilah gamifikasi
muncul pada tahun 2008 (Huotari and Hamari 2017). Gamifikasi selama ini popular
diterapkan di area pendidikan namun sejalan perkembangan teknologi gamifikasi
bisa diterapkan di segala bidang seperti marketing (Conaway and Garay 2014),
bisnis (Friedrich et al. 2019), agriculture (Steinke and van Etten 2017), dan masih
banyak lagi. Dibeberapa penelitian gamifikasi juga bisa diterapkan di domain health
(Dithmer et al. 2016)(Miller, Cafazzo, and Seto 2014). Pada area health penggunaan

metode gamifikasi lebih kepada dukungan dalam proses penyembuhan dan
memberikan motivasi pada penyembuhan dan perawatan pasien. Beberapa prinsip
elemen gamifikasi terdapat pada framework gamifikasi yaitu mechanic, dynamic
dan aesthetic (Nour, Rouf, and Allman-Farinelli 2018).
Terdapat elemen principal dalam menggunkan metode gamifikasi. Elemen
principal di bagi menajadi dua jenis yaitu games mekanik dan games dinamik.
Sebuah studi (Garett and Young 2018) yang menganalisi 14 elemen prinsipal games
pada layanan kesehatan menjelaskan beberapa elemen populer yang secara khusus
games mekanik.

No comments:

Post a Comment