Saturday, November 11, 2023

Pengertian Karakteristik Pekerjaan

 


Pekerjaan pada dasarnya adalah pekerjaan adalah sekelompok posisi yang
agak serupa dalam hal elemen-elemen pekerjaannya, tugas-tugas dan tanggung
jawab-tanggung jawab yang dicakup oleh deskripsi pekerjaan yang sama
(Simamora, 2015). Karakteristik pekerjaan didefinisikan sebagai sifat tugas yang
meliputi besarnya tanggung-jawab dan macam-macam tugas yang diemban
karyawan (Porter, 2015). Karakteristik pekerjaan merupakan sifat tugas karyawan
yang meliputi macam tugas, tanggung jawab, dan tingkat kepuasan yang diperoleh
dari karakteristik pekerjaan itu sendiri (Stoner dan Freeman dalam Sumarsono,
2014). Selanjutnya menurut Jatmiko (2011) Karakteristik pekerjaan adalah
menunjukkan seberapa besar pengambilan keputusan yang dibuat oleh karyawan
kepada pekerjaannya, dan seberapa banyak tugas yang harus dirampungkan oleh
karyawan.
Karakteristik pekerjaan merupakan dasar bagi produktivitas organisasi dan
kepuasan kerja karyawan yang memainkan peranan penting dalam kesuksesan dan
kelangsungan hidup organisasi. Dalam kondisi persaingan yang semakin
meningkat, pekerjaan yang dirancang dengan baik akan mampu menarik dan
mempertahankan tenaga kerja dan memberikan motivasi untuk menghasilkan
produk dan jasa yang berkualitas. Simamora (2014) mengatakan bahwa
karakteristik pekerjaan merupakan suatu pendekatan terhadap pemerkayaan
pekerjaan.
Program pemerkayaan pekerjaan berusaha merancang pekerjaan dengan
cara membantu para pemangku jabatan memuaskan kebutuhan mereka dan
pertumbuhan, pengakuan, dan tanggung jawab. Pemerkayaan pekerjaan
menambahkan sumber kepuasan kepada pekerjaan, metode ini meningkatkan
tanggung jawab, otonomi, dan keja secara vertikal (vertikal job loading). Menurut
Agung Panudju (2014:52), karakteristrik pekerjaan menunjukkan seberapa besar
pengambilan keputusan yang dibuat oleh karyawan kepada pekerjaannya, dan
seberapa banyak tugas yang harus dirampungkan oleh karyawan. Selanjutnya
menurut Robbins dan Judge (2015:124) karakteristik pekerjaan adalah sebuah
pendekatan dalam merancang pekerjaan yang menunjukkan bagaimana pekerjaan
dideskripsikan ke dalam lima dimensi inti yaitu keanekaragaman keterampilan,
identitas tugas, arti tugas, otonomi dan umpan balik.

No comments:

Post a Comment