Friday, August 16, 2024

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk

 


Kualitas memiliki pernanan yang penting dalam semua produk dan
menjadi hal yang sangat penting dalam banyak industry karena
merupakan pembeda yang paling efektif bagi sejumlah produk.
Perusahaan yang sudah memiliki nama yang baik tetap harus
memperhatikan kualitas produknya karena erupakan keharusan untuk
menjaga eksistensi Perusahaan jangka panjang.
Wijaya (2018) mengatakan unsur-unsur yang dapat dimasukkan
untuk memiliki produk yang unggul (faktor kualitas produk) adalah :
a. Desain yang bagus. Desain harus orisinili dan memikat cita rasa
konsumen. Misalnya desain yang diperhalus untuk memperoleh
kesan berkualitas.
b. Keunggulan dalam persaingan. Produk harus unggul dalam fungsi
maupun desainnya dibanding produk-produk lain yang sejenis.
c. Daya tarik fisik. Produk harus menarik para calon pelanggan, harus
dicap dengan baik, dan indah.
d. Keaslian. Produk turunan atau tiruan menunjukkan kualitas turunan
yang tidak sebaik produk original atau pertama.
Setiap Perusahaan berharap dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen sehingga Perusahaan akan berusaha membuat
produk yang berkualitas, yang ditampilkan baik melalui ciri-ciri
(design) produk maupun inti (core) produk itu sendiri. Namun jika
harapan konsumen tidak memuaskan maka konsumen akan menilai
bahwa produk itu mutunya rendah.

No comments:

Post a Comment