Persepsi kualitas produk bisa digunakan oleh produsej sebagai
kriteria segmentasi untuk mengidentifikasi kelompok konsumen.
Berdasrkan hasil penelitian menunjukkan konsumen dengan persepsi
berbeda kualitas (rendah, sedang, tinggi) berbeda pula dalam tingkat
kepuasan dan niat pembelian. Dengan demikian segmentasi pasar
digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran dan merespon tantangan
dari para pesaing.
Martinich (dalam Yanit 2017) mengemukakan spesifikasi dari
dimensi kualitas produk yang relevam dengan pelanggan yang
dikelompokkan dalam enam dimensi yaitu:
- Performance
- Range ond type of features
- Reliability and durability
- Maintainability and serviceability
- Sensory characteristics
- Etchical profile and image
Dari pendapat diatas dijelaskna bahwa kualitas produk mempunyai
hubungan erat dengan pelanggan diantaranya yaitu : - Performance
Dimensi ini menyangkut karakteristik sejauh mana produk dapat
berfungi sebagaimana fungsi utama produk tersebut. Hal yang
paling penting bagi pelanggan adalah apakah kualitas produk
menggambarkan keadaan yang sebenarnya atau apakah cara
pelayanan diberikan dengan cara yang benar. - Range ond type of features
Dimensi ini menyangkut kelengkapan fitur-fitur ta,bahan suatu
produk selain punya fungso utama juga dilengkapi dengan fungsi-
fungsi lain yang bersifat komplemen. Kemampuan atau
keistimewaan yang dimiliki produk dan pelayanan seperti manfaat
dan kegunaan produk jika akan digunakan.
No comments:
Post a Comment