Friday, August 16, 2024

Dimensi Kualitas Produk

 


Persepsi kualitas produk bisa digunakan oleh produsej sebagai
kriteria segmentasi untuk mengidentifikasi kelompok konsumen.
Berdasrkan hasil penelitian menunjukkan konsumen dengan persepsi
berbeda kualitas (rendah, sedang, tinggi) berbeda pula dalam tingkat
kepuasan dan niat pembelian. Dengan demikian segmentasi pasar
digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran dan merespon tantangan
dari para pesaing.
Martinich (dalam Yanit 2017) mengemukakan spesifikasi dari
dimensi kualitas produk yang relevam dengan pelanggan yang
dikelompokkan dalam enam dimensi yaitu:

  1. Performance
  2. Range ond type of features
  3. Reliability and durability
  4. Maintainability and serviceability
  5. Sensory characteristics
  6. Etchical profile and image
    Dari pendapat diatas dijelaskna bahwa kualitas produk mempunyai
    hubungan erat dengan pelanggan diantaranya yaitu :
  7. Performance
    Dimensi ini menyangkut karakteristik sejauh mana produk dapat
    berfungi sebagaimana fungsi utama produk tersebut. Hal yang
    paling penting bagi pelanggan adalah apakah kualitas produk
    menggambarkan keadaan yang sebenarnya atau apakah cara
    pelayanan diberikan dengan cara yang benar.
  8. Range ond type of features
    Dimensi ini menyangkut kelengkapan fitur-fitur ta,bahan suatu
    produk selain punya fungso utama juga dilengkapi dengan fungsi-
    fungsi lain yang bersifat komplemen. Kemampuan atau
    keistimewaan yang dimiliki produk dan pelayanan seperti manfaat
    dan kegunaan produk jika akan digunakan.

No comments:

Post a Comment