Thursday, March 12, 2020

Brand Switching (skripsi dan tesis)

Saat ini banyak ditemukan produk yang ditawarkan kepada konsumen dengan berbagai merek, dalam rangka meningkatkan keinginan konsumen untuk mencoba produk dan merek tersebut. Dari keragaman merek tersebut, maka muncul keinginan konsumen untuk mencoba merek yang lain atau bisa juga disebut berpindah merek. Perpindahan merek (brand switching) adalah pola pembelian yang dikarakteristikkan dengan perubahan atau pergantian dari satu merek ke merek yang lain (Peter dan Olson, 2002). Hawkins dan Mothersbaugh (2010:637) menyatakan bahwa brand switching adalah hasil dari ketidakpuasan konsumen akan suatu produk yang mengakibatkan konsumen melakukan penghentian pembelian produk pada suatu merek dan menggantinya dengan produk dari merek lain. Berdasarkan definisi tersebut, dijelaskan bahwa brand switching adalah berpindahnya loyalitas konsumen dari suatu merek tertentu ke merek produk lainnya. Tingkat brand switching juga menunjukkan keloyalitasan pelanggan terhadap merek tersebut.

No comments:

Post a Comment