Friday, April 24, 2020

Preferensi konsumen terhadap harga (skripsi dan tesis)


Uang yang dibayar konsumen terhadap produk atau jasa, merupakan
apresiasi konsumen terhadap kepuasan yang diperoleh dari pembelian produk
atau jasa. Menurut Peter and Olson (2000), harga meliputi biaya produksi,
laba usaha dan tingkat kompetisi. Sementara Kotler (2000) mengatakan bahwa,
harga adalah nilai yang dipertukarkan konsumen untuk suatu manfaat atas
pengkonsumsian, penggunaan, kepemilikan barang atau jasa.
Penentuan harga oleh suatu perusahaan dilakukan untuk mencapai
keseimbangan antara laba dengan tingkat kepuasan konsumen (Mowen and
Minor, 1999), disamping segmen pasar yang jelas dan mencapai tingkat
penjualan yang sesuai dengan perencanaan perusahaan (Assael, 1984). Artinya,
harga tidak boleh lebih rendah dari biaya rataan per produk, jika produsen
ingin memperoleh keuntungan.
Namun, faktor harga tidak selalu dapat digunakan untuk memenangkan
persaingan, karena (Simamora, 2003) harga tidak dapat digunakan sebagai alat
untuk memenangkan persaingan. Harga rendah bukan andalan, jika atribut
yang diperhatikan konsumen adalah keindahan produk. Oleh sebab itu,
produsen harus melakukan analisis terhadap sejumlah peubah finansial dan
non-finansial dalam konteks lingkungan bisnis secara keseluruhan dan
menggunakan pengalaman untuk fokus memberikan kepuasan.

No comments:

Post a Comment