Menurut Schiffman dan Kanuk (2010:23) consumer behavior adalah
perilaku yang menunjukkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan,
mengevaluasi dan membuang produk atau jasa yang mereka harapkan akan
memuaskan kebutuhan mereka. Menurut Kotler dan Armstrong (2014:158)
consumer buyer behavior adalah perilaku pembelian akhir konsumen individu dan
rumah tangga dalam membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
Menurut Peter dan Olson (2008:6) consumer behavior itu dinamis karena
pemikiran, perasaan dan tindakan dari konsumen individu, kelompok konsumen
yang menjadi sasaran, dan masyarakat pada umumnya yang terus berubah.
Misalnya, internet telah mengubah cara orang mencari informasi tentang produk
dan layanan. Kenyataan bahwa konsumen dan lingkungan mereka yang terus
berubah menyoroti pentingnya riset konsumen yang sedang berlangsung dan
analisis oleh pemasar untuk terus mengikuti tren penting.
1. Cultural
a. Culture: himpunan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang
dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga
penting lainnya.
b. Subculture: Sekelompok orang dengan sistem nilai bersama berdasarkan
pengalaman hidup dan situasi.
c. Social class: divisi relatif permanen dan memerintahkan dalam masyarakat
yang anggotanya berbagi nilai yang sama, kepentingan dan perilaku.
2. Social
a. Group and Social Networks: dua orang atau lebih yang berinteraksi untuk
mencapai tujuan individu atau bersama.
b. Family: peran keluarga (seperti suami, istri dan anak) sangat
mempengaruhi pembelian produk dan jasa.
c. Roles and Status: pengaruh dari lingkungan luar (komunitas, organisasi
dan group) sangat mempengaruhi pembelian produk dan jasa.
3. Personal
a. Age and Life- cycle stage: perubahan gaya seseorang selama masa
hidupnya (seperti dalam berpakaian, pemilihan furniture dan tempat
rekreasi).
b. Occupation: Pola seseorang (jabatan) dalam barang dan jasa yang
digunakan.
c. Economic situation: Pilihan sesorang dapat dilihat dari segi penghasilan,
tabungan, tingkat bunga dan lain-lain.
d. Lifestyle: pola hidup seseorang seperti yang diungkapkan dalam
kegiatannya, minat dan pendapat.
e. Personality and self concept: karakteristik psikologis yang unik yang
membedakan seseorang atau kelompok.
4. Psychological
a. Motivation: kebutuhan yang cukup menekan untuk mengarahkan
seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhan.
b. Perception: proses dimana orang pilih, mengatur dan menginterpretasikan
informasi untuk membentuk gambaran yang berarti dari dunia.
c. Learning: perubahan perilaku individu yang timbul dari pengalaman.
d. Belief and attitude
Keyakinan: pemikiran deskriptif bahwa seseorang memegang sesuatu.
Sikap: konsisten menguntungkan atau tidak menguntungkan evaluasi,
perasaan dan kecenderungan terhadap suatu objek atau gagasan seseorang
No comments:
Post a Comment