Berdasarkan penelitian dari (Mishra et al.,, 2016) terdapat tiga faktor terbentukmnya brand trust
yaitu meliputi: 1. Kualitas informasi, faktor ini memiliki tingkat kepercayaan tinggi dari seberapa
terpercayanya informasi yang diberikan individu dengan merek. Kualiats informasi
memiliki pengaruh besar kepada kepuasan dan kepercayaan konsumen dimana konsumen
lebih memilih informasi pada platform belanja online yang memberikan informasi
valid,terpercaya dan akurat.
2. Keamanan dan Privasi, Faktor ini sangat penting karena dapat ditemukan metode
pembayaran, transmisi data serta penyimpanan. informasi pribadi konsumen harus dijaga
agar kepercayaan konsumen meningkat saat berinteraksi dengan merek.
3. Reputasi Merek, hubungan positif konsumen dan merek timbul dari persepsi positif akan
merek yang menimbulkan harapan membeli yang tinggi. Jika konsumen yakin dengan
informasi pribadi mereka maka akan terjadi repetesi pembelian pada suatu produk.
4. Pengalaman belanja online, mencakup aspek mengetahui,mencari dan menemukan
informasi serta berinteraksi dengan unsur transaksi jual beli online.
5. Risiko persepsi, jika konsumen memiliki persepsi bahwa risiko berbahaya saat berbelanja
online itu rendah,maka akan meningkatkan belanja online dan juga dapat lebih
beradaptasi dengan teknologi terbaru.
6. Word of mouth, aspek word of mouth yang baik dapat menimbulkan pengaruh yang kuat
terhadap kepercayaan merek yang konsumen pilih mengenai platform belanja online
karena dengan word of mouth menjadikan informasi dapat lebih cepat dan menyebar
luas
No comments:
Post a Comment