Monday, October 16, 2023

Indikator E-WOM (Electronic Word of Mouth)

 


Menurut Lin et al., (2013) dalam jurnal Prastyo (2017) electronic
word of mouth adalah pernyataan positif atau negatif yang dibuat oleh
pelanggan potensial, aktual, atau pelanggan sebelumnya tentang
produk atau perusahaan yang disediakan bagi banyak orang dan
lembaga melalui internet. Menurut Lin et al., (2013) E-WOM
memiliki tiga dimesi di antaranya:
a. Electronic Word of Mouth Quality (Kualitas E-WOM) ”Quality
of electronic word of mouth refers to the persuasive strength of
comments embedded in an informational message”. Kualitas EWOM mengacu pada kekuatan persuasif komentar atau argumen
yang tertanam dalam informasi pesan yang disampaikan
(Bhattacherjee, 2006). Berdasarkan komentar dari konsumen
lain mengenai produk tersebut, dapat memunculkan persepsi
terhadap konsumen melalui kualitas informasi yang mereka
dapatkan, sehingga potensi pembelian produk tersebut akan
meningkat.
b. Electronic Word of Mouth Quantity (Kuantitas E-WOM) “The
popularity of the product is detemined by quantitiy of online
comments because considered could represent the market
performance of product”. Popularitas produk ditentukan oleh
kuantitas komentar secara online karena dianggap bisa mewakili
kinerja suatu produk. Konsumen juga perlu referensi untuk
mengurangi kesalahan atau risiko saat berbelanja, dan kuantitas
komentar secara online dapat mewakili popularitas suatu
produk. Dengan kata lain, konsumen memiliki lebih banyak
ulasan mengenai produk yang mencerminkan popularitas dari
produk tersebut. Kuantitas dari E-WOM mengacu pada jumlah
banyaknya review yang diberikan konsumen.
c. Sender’s Expertise (Keahlian Pengirim) ”The expertise of sender
when they made a comment in consumer review will attractt user
to adopt the information and make decision to purchase”.
Keahlian pengirim ketika pengirim membuat review berupa
komentar tentang produk yang telah atau pun belum digunakan,
sehingga dapat menarik pengguna untuk mendapatkan informasi
dan membuat keputusan untuk membeli. Dengan demikian
konsumen akan membeli suatu produk setelah mendapatkan
review tentang produk yang mereka butuhkan, melalui komentar
yang telah dikirim oleh konsumen sebelumnya

No comments:

Post a Comment