Karakteristik pekerjaan merupakan sifat dari tugas yang meliputi tanggung
jawab, macam tugas dan tingkat kepuasan yang diperoleh dari pekerjaan itu sendiri.
Menurut Berry dan Houtson (dalam Martinus, 2010:164) karakteristik pekerjaan
adalah sikap aspek internal dari kerja itu sendiri yang terdiri dari variasi keterampilan
yang dibutuhkan, prosedur dan kejelasan tugas, tingkat kepentingan tugas,
kewenangan dan tanggungjawab serta umpan balik dari tugas yang telah dilakukan.
Robbins, (2009:219) banyak penelitian yang dilakukan untuk mendesain
pekerjaan sedemikian rupa sehingga motivasi, kepuasan dan kinerja pegawai dapat
meningkat. Penelitian awal mengenai model-model karakteristik pekerjaan antara lain
dilakukan oleh Turner dan Lawrence (2011), yang mengidentifikasikan “Requisite
Task Attribute ” yang berhubungan dengan kepuasan kerja dan tingkat absensi
pegawai. Keenam atribut tersebut adalah keanekaragaman, otonomi, interaksi yang
diperlukan, interaksi yang dibutuhkan, pengetahuan dan keterampilan yang
diperlukan dan tanggung jawab. Selanjutnya Hackman dan Oldham melakukan
pengembangan lebih lanjut mengenai pendekatan karakteristik-karakteristik dalam
merancang pekerjaan.
No comments:
Post a Comment