Thursday, March 14, 2024

Indikator Budaya Organisasi

 


Menurut Umi, dkk (2015:03) indikator budaya organisasi dapat
diukur:
a. Norma
Norma adalah sebuah aturan yang tidak tertulis, yang diterima
anggota kelompok. Norma memberitahu apa yang harus dan tidak harus
dilakukan di bawah keadaan atau situasi tertentu. Norma bersifat
memotivasi, berkomitmen, serta meningkatkan karyawan berkinerja
tinggi.
b. Nilai Dominan
Nilai Dominan adalah nilai-nilai utama yang ada dalam
organisasi yang diterima anggota organisasi. Organisasi mengharapkan
karyawan membagikan nilai-nilai utama yang merupakan
menggambarkan suatu kepribadian yang ada dalam suatu organisasi.
Jika nilai di anggap penting, maka nilai akan membimbing karyawan
berprilaku secara konsisten terhadap berbagai situasi. Nilai juga
merupakan keinginan efektif kesadaran atau keinginan yang
membimbing perilaku bagaimana seorang karyawan mampu memiliki
efisiensi tinggi dan kualitas tinggi.
c. Aturan
Aturan adalah peraturan, prosedur, kebijakan secara tertulis
yang telah disepakati dan wajib dipatuhi dan dijalankan oleh seluruh
karyawan didalam suatu organisasi. Memiliki standar, bagaimana
karyawan berinteraksi. Contohnya dalam berbicara, berperilaku,
ketepatan waktu disiplin dalam hadir maupun mengerjakan tugas.
Semua agar memiliki kinerja yang baik dan hasil yang baik pula bagi
organisasi.
d. Iklim Organisasi
Iklim Organisasi bahwa iklim organisasi yaitu suatu
penyampaian keterbukaan atau perasaan seorang karyawan didalam
suasana lingkungan kerja, yang berguna untuk mengevaluasi seluruh
masalah yang ada di lingkungan kerja agar tujuan organisasi tercapai.
Iklim organisasi juga bentuk perilaku atau karakteristik karyawan agar
berani mengutarakan pendapat demi kenyamanan bersama.

No comments:

Post a Comment