Organisasi menginginkan agar seluruh pegawai memiliki komitmen
organisasi yang tinggi, manfaat komitmen pegawai bagi organisasi, yaitu :
- Menghindari biaya pergantian pegawai yang tinggi
Seseorang yang berkomitmen tidak menyukai untuk berhenti dari
pekerjaannya dan menerima pekerjaan lainnya. Ketika seorang pegawai
berkomitmen maka tidak akan terjadi pergantian pegawai yang tinggi.
Komitmen organisasi mempengaruhi apakah seorang pegawai akan tetap
bertahan sebagai anggota organisasi atau meninggalkan organisasi untuk
mencari pekerjaan lain. Keluarnya seorang pegawai dari suatu organisasi
dapat dilakukan secara sukarela atau dikeluarkan secara paksa oleh
organisasi. Seorang pegawai yang memiliki komitmen yang kuat maka dia
akan bertahan untuk anggota organisasi. Pegawai yang tidak memilki komiten
terhadap organisasi maka dia akan mudah untuk menarik diri atau keluar dari
suatu organisasi. - Mengurangi atau meringankan supervise pegawai
Pegawai yang berkomitmen dan memiliki keahlian yang tinggi akan
mengurangi keperluan supervise terhadapnya. Supervise yang ketat dan
pengawasan yang melekat akan membuang-buang waktu dan biaya. - Meningkatkan efektifitas organisasi
Penelitian menunjukan bahwa ketiadaan komitmen dapat mengurangi
efektivitas organisasi. Sebuah organisasi yang pegawainya memiliki
komitmen organisasi akan mendapatkan hasil yang diinginkan seperti kinerja
tinggi, tingkat pergantian pegawai rendah dan tingkat ketidak hadiran yang
rendah. Selain itu juga akan menghasilkan hal lain yang diinginkan yaitu
iklim organisasi yang hangat, mendukung menjadi anggota tim yang baik dan
siap membantu (Fen Luthas 2011).
No comments:
Post a Comment