Menurut Mangkunegara (2012:176) ada tiga pilar dalam menciptakan
Komitmen organisasi, yaitu :
- Adanya perasaan menjadi bagian dari organisasi. Untuk menciptakan rasa
memiliki tersebut, maka salah satu pihak dalam manajemen harus mampu
membuat pegawai :
a. Mampu mengidentifikasi dirinya terhadap organisasi.
b. Merasa yakin bahwa apa yang dilakukan atau pekerjaannya adalah
berharga bagi organisasi.
c. Merasa nyaman dengan organisasi.
d. Merasa mendapat dukungan yang penuh dari organisasi dalam bentuk
misi yang jelas (apa yang direncanakan untuk dilakukan), nilai-nilai yang
ada (apa yang diyakini sebagai hal yang penting oleh manajemen), normanorma yang berlaku (cara-cara berperilaku yang bisa diterima oleh
organisasi). - Adanya keterikatan atau kegairahan terhadap pekerjaan. Perasaan seperrti itu
dapat dimunculkan dengan cara :
a. Mengenali faktor-faktor motivasi dalam mengatur desain pekerjaan (job
design).
b. Kualitas kepemimpian.
c. Kemampuan dari manajer dan supervisor untuk mengenali bahwa
komitmen pegawai bisa mengingkatkan jika ada perhatian terus menerus,
memberi delegasi atas wewenang serta memberi kesempatan dan ruang
yang cukup bagi pegawai untuk menggunakan keterampilan dan keahlian
secara maksimal. - Pentingnya rasa memiliki
Rasa memiliki bisa muncul jika pegawai merasa bahwa mereka benar-benar
diterima menjadi bagian atau kunci penting dari organisasi. Ikut sertakan
keterlibatan pegawai dalam memuat keputusan dan jika mereka merasa ideidenya di dengar dan merasa telah memberikan kontribusi pada hasil yang
dicapai, maka mereka akan cenderung menerima keputusan-keputusan atau
perubahan yang dimiliki, hal ini dikarenakan mereka merasa dilibatkan dan
bukan karena dipaksa.
No comments:
Post a Comment