Wednesday, March 13, 2024

Menciptakan Komitmen Organisasi

 


Menurut Mangkunegara (2012:176) ada tiga pilar dalam menciptakan
Komitmen organisasi, yaitu :

  1. Adanya perasaan menjadi bagian dari organisasi. Untuk menciptakan rasa
    memiliki tersebut, maka salah satu pihak dalam manajemen harus mampu
    membuat pegawai :
    a. Mampu mengidentifikasi dirinya terhadap organisasi.
    b. Merasa yakin bahwa apa yang dilakukan atau pekerjaannya adalah
    berharga bagi organisasi.
    c. Merasa nyaman dengan organisasi.
    d. Merasa mendapat dukungan yang penuh dari organisasi dalam bentuk
    misi yang jelas (apa yang direncanakan untuk dilakukan), nilai-nilai yang
    ada (apa yang diyakini sebagai hal yang penting oleh manajemen), normanorma yang berlaku (cara-cara berperilaku yang bisa diterima oleh
    organisasi).
  2. Adanya keterikatan atau kegairahan terhadap pekerjaan. Perasaan seperrti itu
    dapat dimunculkan dengan cara :
    a. Mengenali faktor-faktor motivasi dalam mengatur desain pekerjaan (job
    design).
    b. Kualitas kepemimpian.
    c. Kemampuan dari manajer dan supervisor untuk mengenali bahwa
    komitmen pegawai bisa mengingkatkan jika ada perhatian terus menerus,
    memberi delegasi atas wewenang serta memberi kesempatan dan ruang
    yang cukup bagi pegawai untuk menggunakan keterampilan dan keahlian
    secara maksimal.
  3. Pentingnya rasa memiliki
    Rasa memiliki bisa muncul jika pegawai merasa bahwa mereka benar-benar
    diterima menjadi bagian atau kunci penting dari organisasi. Ikut sertakan
    keterlibatan pegawai dalam memuat keputusan dan jika mereka merasa ideidenya di dengar dan merasa telah memberikan kontribusi pada hasil yang
    dicapai, maka mereka akan cenderung menerima keputusan-keputusan atau
    perubahan yang dimiliki, hal ini dikarenakan mereka merasa dilibatkan dan
    bukan karena dipaksa.

No comments:

Post a Comment