Thursday, March 14, 2024

Pengertian Komitmen Organisasi

 


Komitmen organisasi menurut Robbin (1998) merupakan derajat
sejauh mana seorang karyawan memihak pada suatu organisasi tertentu
dan tujuan-tujuannya, serta berniat memelihara keanggotaan dalam
organisasi itu. (Selly, 2004)
Komitmen organisasi (organization commitment) adalah tingkat
sampai dimana karyawan yakin dan menerima tujuan organisasi, serta
berkeinginan untuk tinggal bersama organisasi tersebut. Berbagai studi
penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang relatif puas dengan
pekerjaannya akan sedikit lebih berkomitmen terhadap organisasi.
Perluasan komitmen organisasional yang logis khususnya fokus
pada faktor-faktor komitmen yang kontinu, yang mengungkapkan bahwa
keputusan untuk tinggal bersama atau meninggalkan perusahaan pada
akhirnya tercermin dalam ketidakhadiran dan angka perputaran karyawan.
Karyawan yang tidak puas dengan pekerjaan atau tidak berkomitmen
terhadap organisasi memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk
meninggalkan organisasi, mungkin lewat ketidakhadiran atau perputaran
secara permanen. ( Robert, 2006 : 122)

No comments:

Post a Comment