Wednesday, June 26, 2024

Asosiasi Merek (Brand Association)

 


Menurut David Allen Aaker (2013: 208) asosiasi merek adalah
segala sesuatu yang sacara langsung atau tidak langsung muncul dan
terkait dalam ingatan konsumen terhadap suatu merek. Karena itu, mc-
donald’s bisa dikaitkan dengan dengan suatu karakter seperti Ronald
McDonald’s, segmen konsumen seperti anak-anak, suatu perasaan
gembira, karakteristik produk seperti pelayana, simbol seperti Golden
Arches (simbol McDonald's), gaya hidup yang meriah.
Kesan-kesan yang terkait merek akan semakin meningkat
dengan semakin banyaknya pengalaman konsumen dalam
mengkonsumsi atau menggunakan suatu merek atau dengan seringnya
penampakan tersebut dalam strategi komunikasinya, ditambah lagi jika
kaitan tersebut didukung oleh suatu jaringan dari kaitan-kaitan lain.
Sebuah merek adalah seperangkat asosiasi, biasanya terangkat dalam
berbagai bentuk yang bermakna

No comments:

Post a Comment