Thursday, June 20, 2024

Atribut Endorser


Menurut Herbert Kelman (2004) dalam Belch dan Belch atribut
dariendorser yaitu :
a. Credibility
Kredibilitas adalah tingkatan dimana konsumen melihat suatu
sumber(endorser) memiliki pengetahuan, keahlian atau pengalaman yang relevan
dansumber (endorser) tersebut dapat dipercaya untuk memberikan informasi
yangobjektif dan tidak bias. Seorang sumber (endorser) yang memiliki keahlian
danatau dapat dipercaya akan lebih dapat melakukan persuasi
dibandingkandengan seorang sumber (endorser) yang kurang memiliki keahlian
dan tidakdapat dipercaya. Informasi yang berasal dari sumber (endorser) yang
kredibelmempengaruhi kepercayaan, pendapat, sikap, dan atau perilaku yang
akandilakukan melalui proses yang disebut internalisasi, yang mana terjadi
ketikapenerima pesan menyetujui pendapat dari komunikator yang kredibel
sejakpenerima pesan mempercayai informasi dari sumber yang akurat
tersebut.Ketika penerima pesan menginternalisasikan pendapat atau sikap, maka
sikap atau pendapat tersebut akan menjadi satu ke dalam sistem kepercayaan si 
penerima pesan dan mungkin akan dipertahankan walaupun sumber pemberipesan
tersebut telah terlupakan. Kredibilitas memiliki dua dimensi penting,yaitu:
1) Expertise, merupakan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman
yangdimiliki endorser.
2) Trustworthiness, mengacu kepada kejujuran dan dapat dipercayainyaseorang
sumber.
b. Attractiveness
Endorser dengan tampilan fisik atau nonfisik yang menarik dapat
menunjangiklan. Persuasi dengan menggunakan daya tarik dilakukan melalui
prosesindentifikasi, dimana penerima pesan dimotivasi untuk mencari jenis
hubungandengan sumber pesan dan mengadopsi kesamaan kepercayaan, sikap,
preferensi, atau perilaku. Daya tarik endorser itu mencakup:
1) Similarity merupakan persepsi khalayak berkenaan dengan kesamaan
yangdimiliki dengan endorser, kemiripan ini dapat berupa
karakteristikdemografis, gaya hidup, kepribadian, masalah yang dihadapi
sebagaimanayang ditampilkan pada iklan, dan sebagainya.
2) Familiarity, adalah pengenalan terhadap narasumber melalui exposure,sebagai
contoh, penggunaan celebrity endorser dinilai berdasarkan tingkatkeseringan
tampil di publik.
3) Likability adalah kesukaan audiens terhadap narasumber karena
penampilanfisik yang menarik, perilaku yang baik, atau karakter personal
lainnya.
c. Power adalah karisma yang dipancarkan oleh narasumber untuk
dapatmempengaruhi konsumen, sehingga konsumen sasaran terpengaruh
untukmembeli produk. Untuk memilih selebriti yang memiliki power
haruslahtidak sekedar populer, tetapi terkadang sudah harus sampai pada
pemujaanterhadap celebrity endorser oleh konsumen. Jika konsumen sudah
sedemikianmemuja terhadap seorang selebriti, maka akan mudah bagi selebriti
untukmempengaruhi konsumen melakukan pembelian. Proses
mempengaruhikonsumen tersebut disebut compliance

No comments:

Post a Comment