Friday, June 28, 2024

Brand awareness terdiri dari brand recognition dan brand recall

 

  1. Brand Recognition adalah kemampuan konsumen untuk mengkonfirmasi
    paparan sebelumnya terhadap merek Ketika diberikan merek sebagai isyarat.
  2. Brand Recall adalah kemampuan konsumen untuk mengambil merek dari
    memori ketika diberikan kategori produk, kebutuhan yang dipenuhi oleh
    kategori, atau situasi pembelian atau penggunaan sebagai isyarat.
    Semakin banyak konsumen yang memiliki kesadaran merek yang tinggi, maka
    semakin besar juga potensi pembelian yang dilakukan. Terdapat empat tingkatan dalam
    brand awareness menurut Yutama, M.S (2018), yaitu:
  3. Unaware of Brand, merupakan tingkatan yang paling rendah dimana
    konsumen tidak menyadari adanya suatu merek.
  4. Brand Recognition, merupakan tingkat yang minimal dari brand awareness
    di mana konsumen mengenal suatu merek ketika melihatnya.
  5. Brand Recall, merupakan kondisi dimana konsumen dapat mengingat suatu
    merek. Dalam tingkatan ini, konsumen mengingat tanpa bantuan karena
    mengandalkan memorinya sehingga tidak perlu adanya bantuan dalam
    memunculkan merek tersebut
  6. Top of Mind, merupakan puncak pikiran yang mengacu pada merek yang
    muncul pertama kali dibenak konsumen saat memikirkan kategori produk
    tertentu.

No comments:

Post a Comment