Brand book adalah buku berisi guidelines mengenai ketentuan pemakaian merek,
strategi merek, dan kesadaraan merek sehingga penggunaan merek dapat tetap
selaras dengan seluruh proses branding yang telah dibangun (Wheeler, 2018).
- Foreword
Foreword berisi penjelasan seputar merek, seperti visi dan misi, brand
attributes, cara menggunakan guidelines dari merek yang dirancang, dan aturan
identitas merek di dalamnya. - Brand Identity Elements
Menjelaskan elemen-elemen dalam identitas merek, seperti brandmark,
logotype, signature, tagline, name in text, dan larangan dalam penggunaan
identitas merek. - Color
Sistem warna yang digunakan pada identitas merek, warna-warna pendukung,
dan aturan pemakaian warna pada identitas merek. - Signature
Berisi corporate signature, variasi signature, tata cara penggunaan signature
dengan tagline, clearspace, serta ketentuan ukuran signature. - Tipografi
Berisi typeface family yang digunakan, typeface pendukung. - International Business Papers
Berisi implementasi identitas merek seperti pada kop surat A4, amplop A4, dan
kartu nama. - Media digital
Berisi implementasi identitas merek pada berbagai media digital seperti sosial
media, konten internet, video. - Marketing Materials
Invoice, form pemesanan barang, imagery, brochure systems, posters, dan
material lainnya. - Advertising
Berisi implementasi identitas merek pada periklanan, tagline, cara
menempatkan signature pada iklan. - Signage
Berisi ketentuan penggunaan identitas merek pada signage. - Vehicle Identification
Berisi ketentuan penggunaan identitas merek pada kendaraan seperti motor,
mobil. - Packaging
Ketentuan penggunaan identitas merek pada kemasan yang hendak digunakan. - Ephemera
Penggunaan identitas merek pada berbagai material pendukung seperti
stationery, merchandise, souvernir. - Image Library
Berisi implementasi identitas merek pada foto perusaahaan (Wheeler, 2018).
No comments:
Post a Comment