Friday, June 28, 2024

Brand Image

 


Citra merek (brand image) adalah salah satu hal yang dianggap sangat penting
oleh perusahaan, yakni penting bagi kelangsungan hidup perusahaannya.Citra merek
(brand image) berguna untuk menempatkan posisi perusahaan, produk, pasar dan
hubungan dengan konsumen. Kebanyakan konsumen selalu beranggapan bahwa ketika
suatu perusahaan memiliki citra merek yang baik maka produk tersebut merupakan
produk yang berkualitas di mata mereka, begitupun sebaliknya ketika suatu perusahaan
memiliki citra merek (brand image) yang buruk, maka produk tersebut merupakan
produk yang tidak memiliki nilai di mata pelanggan, Kadafi (2017:15).
Citra merek (brand image) sebagai persepsi dan keyakinan yang dilakukan oleh
konsumen, seperti tercermin dalam asosiasi yang terjadi dalam memori konsumen.
(Kotler dalam Faradisa., 2019:15). Kemudian menurut Ferrinadewi (dalam Kadafi.,
2017:15) citra merek (brand image) adalah penilaian tentang merek yang merupakan
hasil pemikiran atau ingatan konsumen akan asosiasinya pada merek tersebut. Pada
dasarnya merek digunakan untuk beberapa tujuan yaitu:

  1. Sebagai identitas yang bermanfaat dalam diferensiasi atau membedakan produk suatu
    perusahaan dengan produk pesaingnya.
  2. Alat promosi sebagai daya tarik produk.
  3. Untuk membina citra dengan memberikan keyakinan, jaminan kualitas, serta prestise
    tertentu kepada konsumen.
  4. Untuk mengendalikan pasar

No comments:

Post a Comment