Saturday, June 29, 2024

Brand (Merek)

 


Menurut Aaker (2018:9) Brand (Merek) adalah nama dan/atau simbol yang
bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap, atau kemasan) dengan maksud
mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah kelompok
penjual tertentu, dengan demikian dapat lebih mudah membedakan barang dan
jasa yang dihasilkan oleh para kompetitor. Merek-merek tersebut bersaing dalam
benak konsumen untuk menjadi yang terbaik. Menurut Kartajaya (2010 dalam
Putri dan Suasana 2018), mendefinisikan merek sebagai aset yang menciptakan
nilai bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas.
Menurut Santoso (2013) Merek memegang peran sangat penting, karena suatu
merek akan terkait dengan janji dan harapan, sehingga salah satu perannya
adalah menjembatani harapan konsumen pada saat perusahaan menjanjikan
sesuatu kepada konsumen. Konsumen sebelum memutuskan untuk membeli
sebuah barang atau menggunakan sebuah jasa, terblebih dahulu
mempertimbangkan beberapa aspek mulai dari sudut harga hingga kualitas
produk atau jasa yang dipilihnya (Pamungkas dan Sugiarto, 2015).
Merek yang berhasil adalah adalah produk/jasa yang hebat, didukung
oleh perencana yang seksama, sejumlah besar komitmen jangka panjang, dan
pemasaran yang dirancang dan dijalankan secara kreatif dan merek yang kuat
dapatmenghasilkan loyalitas konsumen yang tinggi. Merek dapat
mengidentifikasi sumber atau pembuat produk dan memungkinkan konsumen
untuk menuntut tanggung jawab atas kierja terhadap perusahaan atau distributor
tertentu. Pelangan dapat mengevaluasi produk yang sama secara berbeda
tergantung pada pemerekan tersebut.

No comments:

Post a Comment