Wednesday, June 26, 2024

Brand Strategy

 


Wheeler (2018) menyatakan bahwa strategi merek dibangun berdasarkan sebuah
visi, selaras dengan strategi bisnis, muncul dari nilai dan budaya perusahaan, dan
mencerminkan kebutuhan dan persepsi konsumen terhadap merek. Strategi merek
memperjelas diferensiasi, keunggulan kompetitif merek dalam pasar, dan nilai
merek yang unik. Keller dan Swaminathan (2019) menambahkan bahwa merek
yang baik dibangun dengan berbagai strategi merek kreatif yang berasal dari hasil
pemikiran dan perencanaan yang baik. Dalam membantu perencanaan brand
strategy, terdapat beberapa alat atau model yang membantu tercapainya
kesuksesan sebuah merek:

  1. Brand positioning model yang menggambarkan cara membangun
    keunggulan-keunggulan suatu merek yang kompetitif dalam benak konsumen
    dalam pasar.
  2. Brand resonance model yang menggambarkan bagaimana cara menggunakan
    keunggulan kompetitif tersebut dalam menciptakan loyalitas konsumen yang
    aktif dan intens terhadap merek.
  3. Brand value chain model yang menjelaskan bagaimana cara melacak proses
    terciptanya sebuah nilai merek sehingga dampak finansial dari pemasaran dan
    investasi dapat lebih dipahami untuk menciptakan loyalitas konsumen yang
    kuat terhadap merek.

No comments:

Post a Comment