Wednesday, June 26, 2024

Definisi Kualitas Produk

 


Menurut (Adam & Erbert, 2002) menyatakan bahwa kualitas produk
“Quality is the customer’s perception”. Artinya bahwa pelanggan
menilai baik buruknya kualitas suatu produk itu berdasarkan
persepsinya. Suatu produk dikatakan berkualitas jika memenuhi
kebutuhan dan keinginan pembeli. Kualitas ditentukan oleh pelanggan
dan pengalaman mereka terhadap produk dan jasa.

  1. Fungsi Kualitas Produk
    Menurut (Ariani, 2003), terdapat beberapa manfaat yang diperoleh
    dengan menciptakan kualitas produk yang baik, yaitu:
    1) Meningkatkan reputasi perusahaan. Perusahaan atau organisasi
    yang telah menghasilkan suatu produk atau jasa yang berkualitas
    akan mendapatkan predikat sebagai organisasi yang mengutamakan
    kualitas, oleh karena itu, perusahaan atau organisasi tersebut
    dikenal oleh masyarakat luas dan mendapatkan nilai lebih di mata
    masyarakat.
    2) Menurunkan biaya. Untuk menghasilkan produk atau jasa yang
    berkualitas perusahaan atau organisasi tidak perlu mengeluarkan
    biaya tinggi. Hal ini disebabkan perusahaan atau organisasi tersebut
    berorientasi pada (customer satisfaction), yaitu dengan
    mendasarkan jenis, tipe, waktu, dan jumlah produk yang dihasilkan
    sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen.
    3) Meningkatkan pangsa pasar. Pangsa pasar akan meningkat bila
    minimasi biaya tercapai, karena organisasi atau perusahaan dapat
    menekan harga, walaupun kualitas tetap menjadi yang utama.
    4) Dampak internasional. Bila mampu menawarkan produk atau jasa
    yang berkualitas, maka selain dikenal di pasar lokal, produk atau
    jasa tersebut juga akan dikenal dan diterima di pasar internasional.
    5) Adanya tanggung jawab produk. Dengan semakin meningkatnya
    persaingan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, maka
    organisasi atau perusahaan akan dituntut untuk semakin
    bertanggung jawab terhadap desain, proses, dan pendistribusian
    produk tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
    6) Untuk penampilan produk. Kualitas akan membuat produk atau
    jasa dikenal, dalam hal ini akan membuat perusahaan yang
    menghasilkan produk juga akan dikenal dan dipercaya masyarakat
    luas.
    7) Mewujudkan kualitas yang dirasakan penting. Persaingan yang saat
    ini bukan lagi masalah harga melainkan kualitas produk, hal inilah
    yang mendorong konsumen untuk mau membeli produk dengan
    harga tinggi namun dengan kualitas yang tinggi pula.

No comments:

Post a Comment