Wednesday, June 26, 2024

Indikator Kualitas Produk

 


Menurut (Kotler & Keller, 2009)), ada sembilan dimensi kualitas
produk yaitu:
1) Bentuk (Form) Produk dapat dibedakan secara jelas dengan yang
lainnya bradasarkan bentuk, ukuran, atau struktur fisik produk.
2) Ciri-ciri produk (Features) Karaktersistik sekunder atau
perlengkapan yang berguna untuk menambah fungsi dasar yang
berkaitan dengan pilihan-pilihan dan pengembangannya.
3) Kinerja (Performance) Berkaitan dengan aspek fungsional suatu
barang dan merupakan karakteristik utama yang dipertimbangkan
pelanggan dalam membeli barang tersebut.
4) Ketepatan/kesesuaian (Conformance) Berkaitan dengan tingkat
kesesuaian dengan spesifikasi yang ditetapkan sebelumnya
berdasarkan keinginan pelanggan. Kesesuaian merefleksikan
derajat ketepatan antara karakteristik desain produk dengan
karakteristik kualitas standar yang telah ditetapkan.
5) Ketahanan (Durabillity) Berkaitan dengan berapa lama suatu
produk dapat digunakan.
6) Kehandalan (Reliabillity) Berkaitan dengan probabilitas atau
kemungkinan suatu barang berhasil menjalankan fungsinya setiap
kali digunakan dalam periode waktu tertentu dan dalam kondisi
tertentu pula.
7) Kemudahan perbaikan (Repairbillity) Berkaitan dengan kemudahan
perbaikan atas produk jika rusak. Idealnya produk akan mudah
diperbaiki sendiri oleh pengguna jika rusak.
8) Gaya (Style) Penampilan produk atau kesan konsumen terhadap
produk.
9) Desain (Design) Keseluruhan keistimewaan produk yang akan
mempengaruhi penampilan dan fungsi produk terhadap keinginan
konsumen

No comments:

Post a Comment