Monday, June 24, 2024

Dimensi Kualitas Pelayanan

 


Dimensi kualitas pelayanan dikelompokan menjadi lima. Kelima dimensi kualitas
pelayanan menurut Kotler dan Keller (Dialih bahasakan oleh Bob Sabran, 2012: 174)
adalah :

  1. Produk-produk fisik (Tangibles)
    Produk-produk fisik yang tersedianya fasilitas fisik, perlengkapan dan sarana
    komunikasi dan lain-lain yang dapat dan harus ada dalam proses jasa.
  2. Kehandalan (Reliability)
    Kehandalan yaitu kemampuan untuk memberikan pelajaran yang dijanjikan dengan
    tepat (accurately) dan kemampuan untuk dipercaya (dependably) terutama
    memberikan jasa secara tepat waktu (ontime), dengan cara yang sama sesuai dengan
    jadwal yang telah dijanjikan dan tanpa ada kesalahan.
  3. Daya Tanggap (Responsiveness)
    Daya tanggap yaitu kemauan atau keinginan para karyawan untuk membantu dan
    memberikan jasa yang dibutuhkan pelanggan.
  4. Jaminan (Assurance)
    Jaminan yaitu meliputi pengetahuan, kemampuan, keramahan, kesopanan dan sifat
    dapat dipercaya dari kontak personal untuk menghilangkan sifat keragu raguan
    pelanggan dan merasa terbebas bahaya dan risiko.
  5. Empati (Emphaty)
    Empati yaitu meliputi sikap kontak personal maupun perusahaan dalam memahami
    kebutuhan maupun kesulitan pelanggan, komunikasi atau hubungan

No comments:

Post a Comment