Wednesday, June 26, 2024

Ekuitas Merek (Brand Equity)

 


A. Aaker (Astuti dan Cahyadi; 2007) menerangkan tentang
ekuitas merek ialah perilaku serta asosiasi yang dipunyai perusahaan,
anggota distribusi, dan pelanggan merek untuk mendapatkan daya tahan,
keunggulan dan kekuatan sebagai pembeda dengan pesaing lain. Kotler
dan Keller (2007) menjelaskan bahwa ekuitas merek digunakan bagaikan
nilai plus untuk jasa dan produk. Nilai tersebut dapat ditampilkan
berbentuk cara konsumen merasa, bertindak dan berpikir terhadap pangsa
pasar, harga, profitabilitas dan merek perusahaan. Aaker (Humdiana,
2005) menyebutkan bahwa ekuitas merek ialah sebuah perangkat liabilitas
merek dan aset yang berkaitan dengan nama tertentu, simbol dan
mereknya, yang mengurangi atau menambah nilai berupa jasa atau barang
kepada para pelanggan perusahaan atau perusahaan

No comments:

Post a Comment