Terdapat empat elemen yang harus dimiliki oleh seorang brand
ambassador. Elemen tersebut dikenal dengan model VisCap. Model VisCap ini
terdiri dari visibility, credibility, attraction dan power (Fitrianto et al., 2020).
Rossister & Percy, 1997 dalam Royan (2004: 14) menjelaskan VisCap
sebagai berikut:
- Visibility adalah tingkat kepopuleran seorang tokoh yang dipilih oleh suatu
brand untuk merepresentasikan dan mendukung produk mereka.
Popularitas ini dihubungkan dengan seberapa banyak penggemar atau
pengikut yang dimiliki dan seberapa sering tampil di depan khalayak
(appearance). Dengan tingkat visibility yang tinggi maka perhatian
konsumen ataupun masyarakat umum terhadap suatu brand akan semakin
tinggi. - Credibility adalah suatu karakter positif dari seorang tokoh brand
ambassador yang dapat mempengaruhi khalayak dalam menerima pesan
yang disampaikan suatu brand. Kredibilitas terbagi menjadi dua bagian
yaitu expertise (keahlian) dan trustworthiness (kepercayaan). Keahlian
seorang brand ambassador dilihat dari segala sesuatu yang dapat dilakukan
oleh brand ambassador dalam menarik perhatian seperti menyanyi, menari,
akting, orasi dan lain sebagainya. Sedangkan kepercayaan seorang brand
ambassador dilihat dari jejak rekam masa lalu seorang brand ambassador. - Attraction adalah daya tarik fisik dari seorang brand ambassador serta
sekumpulan atribut seperti kemampuan intelektual dan karakter gaya hidup
yang dapat diterima oleh khalayak. Daya tarik seorang brand ambassador
terbagi menjadi dua:
a. Likeability, mengarah pada hubungan daya tarik fisik dan kepribadian.
Kesesuaian antara brand ambassador dan khalayak yang nantinya akan
membentuk citra positif terhadap brand. Sehingga dengan tingkat
kesukaan khalayak terhadap brand ambassador tinggi maka akan lebih
persuasif bagi khalayak.
b. Similiarity, Mengarah pada kesesuaian brand ambassador dengan
khalayak. Seperti dapat dilihat dari segi umur, jenis kelamin, hobi dan
kegiatan yang sering dijalani. Dari kesesuaian tersebut akan
memunculkan ketertarikan. - Power atau kekuasaan adalah tingkat kekuatan yang dimiliki oleh brand
ambassador untuk membujuk khalayak dalam mempertimbangkan atau
menggunakan atau brand yang sedang mereka representasikan. Kekuatan
yang dimaksud adalah upaya yang dilakukan oleh brand ambassador
terhadap promosi yang dilakukannya dengan melakukan pendekatan-
pendekatan kepada khalayak melalui pemanfaatan media-media yang ada
sebagai sarana promosi brand tersebut.
No comments:
Post a Comment