Thursday, June 20, 2024

Elemen-elemen brand ambassador

 


Terdapat empat elemen yang harus dimiliki oleh seorang brand
ambassador. Elemen tersebut dikenal dengan model VisCap. Model VisCap ini
terdiri dari visibility, credibility, attraction dan power (Fitrianto et al., 2020).
Rossister & Percy, 1997 dalam Royan (2004: 14) menjelaskan VisCap
sebagai berikut:

  1. Visibility adalah tingkat kepopuleran seorang tokoh yang dipilih oleh suatu
    brand untuk merepresentasikan dan mendukung produk mereka.
    Popularitas ini dihubungkan dengan seberapa banyak penggemar atau
    pengikut yang dimiliki dan seberapa sering tampil di depan khalayak
    (appearance). Dengan tingkat visibility yang tinggi maka perhatian
    konsumen ataupun masyarakat umum terhadap suatu brand akan semakin
    tinggi.
  2. Credibility adalah suatu karakter positif dari seorang tokoh brand
    ambassador yang dapat mempengaruhi khalayak dalam menerima pesan
    yang disampaikan suatu brand. Kredibilitas terbagi menjadi dua bagian
    yaitu expertise (keahlian) dan trustworthiness (kepercayaan). Keahlian
    seorang brand ambassador dilihat dari segala sesuatu yang dapat dilakukan
    oleh brand ambassador dalam menarik perhatian seperti menyanyi, menari,
    akting, orasi dan lain sebagainya. Sedangkan kepercayaan seorang brand
    ambassador dilihat dari jejak rekam masa lalu seorang brand ambassador.
  3. Attraction adalah daya tarik fisik dari seorang brand ambassador serta
    sekumpulan atribut seperti kemampuan intelektual dan karakter gaya hidup
    yang dapat diterima oleh khalayak. Daya tarik seorang brand ambassador
    terbagi menjadi dua:
    a. Likeability, mengarah pada hubungan daya tarik fisik dan kepribadian.
    Kesesuaian antara brand ambassador dan khalayak yang nantinya akan
    membentuk citra positif terhadap brand. Sehingga dengan tingkat
    kesukaan khalayak terhadap brand ambassador tinggi maka akan lebih
    persuasif bagi khalayak.
    b. Similiarity, Mengarah pada kesesuaian brand ambassador dengan
    khalayak. Seperti dapat dilihat dari segi umur, jenis kelamin, hobi dan
    kegiatan yang sering dijalani. Dari kesesuaian tersebut akan
    memunculkan ketertarikan.
  4. Power atau kekuasaan adalah tingkat kekuatan yang dimiliki oleh brand
    ambassador untuk membujuk khalayak dalam mempertimbangkan atau
    menggunakan atau brand yang sedang mereka representasikan. Kekuatan
    yang dimaksud adalah upaya yang dilakukan oleh brand ambassador
    terhadap promosi yang dilakukannya dengan melakukan pendekatan-
    pendekatan kepada khalayak melalui pemanfaatan media-media yang ada
    sebagai sarana promosi brand tersebut.

No comments:

Post a Comment