McKnight, Kacmar, dan Choudry (dalam Bachmann & Zaheer, 2006)
menyatakan bahwa trust dibangun antara pihak-pihak yang belum saling
mengenal baik dalam interaksi maupun proses transkasi. McKnight et al (2002)
berpendapat bahwa ada dua dimensi customer trust, diantaranya:
- Trusting belief
Trusting belief adalah sejauh mana seseorang percaya dan merasa yakin
terhadap orang lain dalam suatu situasi. Trusting belief adalah persepsi
pihak yang percaya (konsumen) terhadap pihak yang dipercaya (penjual
toko maya) yang mana penjual memiliki karakteristik yang akan
menguntungkan konsumen. McKnight et al (2002) menyatakan bahwa ada
tiga elemen yang membangun trusting belief, yaitu:
a. Benevolence atau kebajikan mengarah pada tingkat kepercayaan
seseorang terhadap penjual untuk berperilaku baik kepada konsumen
dan kesediaan penjual untuk melayani hak dan kepentingan konsumen.
b. Integrity atau integritas mengarah pada tingkat kepercayaan seseorang
terhadap kejujuran penjual atau perusahaan untuk menjaga dan
memenuhi kesepakatan yang telah ditentukan dan dicapai dengan
konsumen.
c. Competence atau kompeten merupakan keyakinan seseorang bahwa
penjual atau perusahaan memiliki kemampuan untuk membantu
konsumen melakukan sesuatu sesuai dengan kebutuhan konsumen
dengan cepat dan tepat. - Trusting intention
Trusting intention merupakan suatu sikap yang dilakukan seseorang untuk
bergantung pada orang lain dalam suatu situasi, hal ini terjadi secara pribadi
dan mengarah langsung kepada orang lain dengan sengaja. Trusting
intention didasarkan pada kepercayaan kognitif seseorang kepada orang
lain. McKnight et al (2002a) menyatakan bahwa ada dua elemen yang
membangun trusting intention yaitu:
21
a. Willingness to depend atau kesediaan untuk bergantung, merupakan
kesediaan konsumen untuk mengandalkan penjual atau perusahaan
dalam bentuk menerima risiko atau kemungkinan konsekuensi negatif
yang timbul.
b. Subjective probability of depending atau probabilitas subjektif
tergantung, merupakan kesediaan subjektif konsumen yang dapat
berupa permintaan informasi pribadi dari penjual atau perusahaan,
melakukan transaksi dan bersedia mengikut saran penjual.
No comments:
Post a Comment