Dalam melakukan komunikasi pemasaran perlu memperhatikan beberapa
aspek agar komunikasi pemasaran berjalan dengan efektif. Terdapat beberapa
elemen dalam komunikasi pemasaran harus memperhatikan tentang bagaimana
proses pengiriman dan penerimanan pesan. Berikut merupakan elemen-elemen
dasar dari komunikasi pemasaran agar dapat membuat pesan tersampaikan
dengan baik kepada konsumen (Firmansyah, 2020: 15-19).
- Komunikator
Komunikator merupakan pihak yang membuat pesan dengan maksud
tertentu untuk disampaikan kepada objek pesan atau disebut juga dengan
komunikan. Komunikator, merupakan pihak yang memiliki maksud
tertentu kepada objek agar objek tersebut bergerak sesuai dengan
keinginannya. Komunikator dalam pemasaran dapat berupa seorang
sales, pihak yang melakukan endorsement dan lain sebagainya. Apabila
komunikator memiliki posisi atau dipandang baik oleh masyarakat, maka
pesan yang disampaikan oleh komunikator tersebut akan cenderung
mudah diterima oleh para komunikan. - Komunikan
Komunikan adalah pihak yang menjadi sasaran pesan dari komunikator.
Oleh karena itu, komunikator yang baik tidak bisa mengabaikan
komunikan yang hendak dituju. Sekalipun produk yang dijual sama, akan
tetapi apabila komunikan berbeda maka pesan yang disusun juga idealnya
mengikuti konteks yang dimiliki oleh si komunikan. - Pesan
Pesan adalah rumusan maksud yang disampaikan oleh komunikator
kepada komunikan. Pesan biasanya terwujud dalam bentuk simbol-
simbol bahasa tertentu, walaupun tidak menutup kemungkinan
13
diwujudkan dalam bentuk yang lain seperti warna, perilaku, lambang-
lambang tertentu, dan lain sebagainya. Komunikasi pemasaran yang baik
pasti akan selalu membuat pesan yang mudah diterima, tidak menyerang,
tidak memaksa, dan tentunya efektif untuk mengajak atau membujuk
calon konsumen untuk membeli produk yang dibuat oleh perusahaan atau
pelaku bisnis tertentu. - Media
Media sarana yang digunakan agar pesan yang dibuat oleh komunikator
dapat tersampaikan pada komunikan. Dalam komunikasi pemasaran
media digunakan untuk membuat pesan yang telah dibuat oleh
komunikator dapat diterima oleh konsumen sehingga konsumen memiliki
minat untuk membeli produk yang telah dibuat oleh komunikator.
Pemilihan media sangat berpengaruh pada tingkat keefektifan
komunikasi yang dilakukan oleh komunikator. Oleh karena itu dalam
setiap dalam setiap komunikasi pemasaran pemilihan media seharusnya
dipikirkan matang-matang agar perusahaan dapat menghemat biaya
sekaligus mencapai tujuan komunikasi dengan efektif. - Hambatan
Hambatan adalah hal-hal yang dapat mengurangi tingkat penerimaan
pesan pada komunikan. Hambatan patut dipetakan dalam sebuah
komunikasi karena berpeluang untuk membuat pesan tidak tersampaikan
dengan baik, sehingga tujuan dari komunikasi pun tidak akan tercapai
dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya seorang komunikator
senantiasa memetakan dan memperhitungkan hambatan apa saja yang
dapat membuat komunikasi yang dilakukan terganggu beserta cara
mengatasinya. - Tujuan
Tujuan pokok dalam komunikasi pemasaran dapat dibilang adalah
pelanggan mau untuk membeli produk yang dijual oleh perusahaan.
Walaupun bentuk pesannya berbeda, akan tetapi tujuan pokok ini akan
senantiasa menjadi goal akhir dari seluruh proses komunikasi pemasaran. - Feedback
Feedback atau umpan balik adalah respons yang diberikan oleh
komunikan terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator dalam
sebuah pemasaran. Umpan balik sangat penting diperhatikan oleh
komunikator karena dari situ dapat diketahui apakah komunikasi yang
dilakukan sudah efektif dan efisien atau tidak. - Produk
Produk merupakan unsur pokok dalam komunikasi pemasaran karena
produk inilah pesan dapat disusun dengan baik. Tanpa mengetahui
produk yang dijual oleh perusahaan dengan baik, maka pesan-pesan yang
dibuat pun tidak efektif dan bahkan bisa jadi membuat pelanggan tidak
tertarik untuk membeli produk yang dijual perusahaan
No comments:
Post a Comment