Sunday, June 23, 2024

Elemen Komunikasi Pemasaran

 


Dalam melakukan komunikasi pemasaran perlu memperhatikan beberapa
aspek agar komunikasi pemasaran berjalan dengan efektif. Terdapat beberapa
elemen dalam komunikasi pemasaran harus memperhatikan tentang bagaimana
proses pengiriman dan penerimanan pesan. Berikut merupakan elemen-elemen
dasar dari komunikasi pemasaran agar dapat membuat pesan tersampaikan
dengan baik kepada konsumen (Firmansyah, 2020: 15-19).

  1. Komunikator
    Komunikator merupakan pihak yang membuat pesan dengan maksud
    tertentu untuk disampaikan kepada objek pesan atau disebut juga dengan
    komunikan. Komunikator, merupakan pihak yang memiliki maksud
    tertentu kepada objek agar objek tersebut bergerak sesuai dengan
    keinginannya. Komunikator dalam pemasaran dapat berupa seorang
    sales, pihak yang melakukan endorsement dan lain sebagainya. Apabila
    komunikator memiliki posisi atau dipandang baik oleh masyarakat, maka
    pesan yang disampaikan oleh komunikator tersebut akan cenderung
    mudah diterima oleh para komunikan.
  2. Komunikan
    Komunikan adalah pihak yang menjadi sasaran pesan dari komunikator.
    Oleh karena itu, komunikator yang baik tidak bisa mengabaikan
    komunikan yang hendak dituju. Sekalipun produk yang dijual sama, akan
    tetapi apabila komunikan berbeda maka pesan yang disusun juga idealnya
    mengikuti konteks yang dimiliki oleh si komunikan.
  3. Pesan
    Pesan adalah rumusan maksud yang disampaikan oleh komunikator
    kepada komunikan. Pesan biasanya terwujud dalam bentuk simbol-
    simbol bahasa tertentu, walaupun tidak menutup kemungkinan
    13
    diwujudkan dalam bentuk yang lain seperti warna, perilaku, lambang-
    lambang tertentu, dan lain sebagainya. Komunikasi pemasaran yang baik
    pasti akan selalu membuat pesan yang mudah diterima, tidak menyerang,
    tidak memaksa, dan tentunya efektif untuk mengajak atau membujuk
    calon konsumen untuk membeli produk yang dibuat oleh perusahaan atau
    pelaku bisnis tertentu.
  4. Media
    Media sarana yang digunakan agar pesan yang dibuat oleh komunikator
    dapat tersampaikan pada komunikan. Dalam komunikasi pemasaran
    media digunakan untuk membuat pesan yang telah dibuat oleh
    komunikator dapat diterima oleh konsumen sehingga konsumen memiliki
    minat untuk membeli produk yang telah dibuat oleh komunikator.
    Pemilihan media sangat berpengaruh pada tingkat keefektifan
    komunikasi yang dilakukan oleh komunikator. Oleh karena itu dalam
    setiap dalam setiap komunikasi pemasaran pemilihan media seharusnya
    dipikirkan matang-matang agar perusahaan dapat menghemat biaya
    sekaligus mencapai tujuan komunikasi dengan efektif.
  5. Hambatan
    Hambatan adalah hal-hal yang dapat mengurangi tingkat penerimaan
    pesan pada komunikan. Hambatan patut dipetakan dalam sebuah
    komunikasi karena berpeluang untuk membuat pesan tidak tersampaikan
    dengan baik, sehingga tujuan dari komunikasi pun tidak akan tercapai
    dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya seorang komunikator
    senantiasa memetakan dan memperhitungkan hambatan apa saja yang
    dapat membuat komunikasi yang dilakukan terganggu beserta cara
    mengatasinya.
  6. Tujuan
    Tujuan pokok dalam komunikasi pemasaran dapat dibilang adalah
    pelanggan mau untuk membeli produk yang dijual oleh perusahaan.
    Walaupun bentuk pesannya berbeda, akan tetapi tujuan pokok ini akan
    senantiasa menjadi goal akhir dari seluruh proses komunikasi pemasaran.
  7. Feedback
    Feedback atau umpan balik adalah respons yang diberikan oleh
    komunikan terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator dalam
    sebuah pemasaran. Umpan balik sangat penting diperhatikan oleh
    komunikator karena dari situ dapat diketahui apakah komunikasi yang
    dilakukan sudah efektif dan efisien atau tidak.
  8. Produk
    Produk merupakan unsur pokok dalam komunikasi pemasaran karena
    produk inilah pesan dapat disusun dengan baik. Tanpa mengetahui
    produk yang dijual oleh perusahaan dengan baik, maka pesan-pesan yang
    dibuat pun tidak efektif dan bahkan bisa jadi membuat pelanggan tidak
    tertarik untuk membeli produk yang dijual perusahaan

No comments:

Post a Comment