Sunday, June 23, 2024

Bauran Komunikasi Pemasaran

 


Menurut Kotler, dkk (2019 : 552) ada beberapa media komunikasi yang
digunakan oleh pemasar untuk menyampaikan pesan adalah:

  1. Advertising (Periklanan)
    Kotler, dkk (2019) mengungkapkan bahwa periklanan segala bentuk
    presentasi ide, barang, atau jasa non-pribadi yang dibayar oleh sponsor
    tertentu untuk mempromosikan atau menyampaikan pesan kepada
    konsumen dalam bentuk yang menarik sehingga dapat menarik perhatian
    khalayak yang melihatnya. Periklanan dapat dilakukan melalui berbagai
    macam media, seperti media luar ruang, media cetak, maupun media
    elektronik.
  2. Sales Promotion (Promosi Penjualan)
    Promosi penjualan merupakan salah satu media komunikasi yang
    digunakan dalam pemasaran. Menurut Kotler, dkk (2019) promosi
    penjualan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai insentif
    jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau
    layanan (penawaran pasar). Alat promosi yang dapat digunakan untuk
    penjualan yaitu seperti kupon, kontes, harga premi, dan sejenisnya sangat
    beragam. Alat promosi penjualan dapat memberikan tiga manfaat yang
    berbeda untuk pemasar yaitu komunikasi, insentif, dan ajakan.
  3. Events and Experiences (Acara dan Pengalaman)
    Membuat acara-acara tertentu dapat menjadi media komunikasi yang
    digunakan oleh pemasar dalam menyampaikan pesan promosi kepada
    konsumen, seperti misalnya perusahaan ingin menyampaikan bahwa
    brand memiliki suatu hal baru yang ingin disampaikan dan dapat
    dilakukan dengan menggunakan kegiatan-kegiatan tertentu. Menurut
    Kotler, dkk (2019) media komunikasi ini merupakan aktivitas dan
    program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan
    interaksi harian atau khusus yang terkait dengan merek. Tujuan dari
    media komunikasi ini yaitu agar memperkuat brand awareness dari
    brand dan menciptakan momen positif dari brand sehingga dapat
    meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand.
  4. Public Relations and Publicity (Hubungan Masyarakat dan Publisitas)
    Menurut Kotler, dkk (2019) hubungan masyarakat dan publisitas
    merupakan media komunikasi yang memiliki berbagai program yang
    dirancang dengan tujuan untuk menampilkan atau melindungi image
    perusahaan atau penawaran pasar individualnya. Hubungan masyarakat
    dan publisitas memiliki daya tarik yang didasarkan pada tiga sifat khusus
    yaitu kredibilitas yang tinggi dramatisasi.
  5. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)
    Kotler, dkk (2019) mengungkapkan bahwa media komunikasi pemasaran
    langsung dapat dilakukan melalui penggunaan surat, telepon, faks, email,
    atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta
    tanggapan atau dialog dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu.
    Meski terdapat berbagai bentuk pemasaran langsung-surat langsung,
    pemasaran jarak jauh, pemasaran elektronik, dan sebagainya, media
    komunikasi ini memiliki karakteristik non publik, disesuaikan, terbaru,
    dan interaktif.
  6. Personal Selling (Penjualan Pribadi)
    Penjualan pribadi adalah media komunikasi pemasar yang paling efektif-
    biaya pada tahap proses pembelian lebih lanjut, terutama dalam
    membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pembeli. Menurut
    Kotler, dkk (2019) penjualan pribadi dilakukan dengan cara berinteraksi
    tatap muka dengan satu atau lebih calon pembeli untuk tujuan membuat
    presentasi, menjawab pertanyaan dan mendapatkan tanggapan. Oleh
    karena itu penjualan pribadi memiliki tiga ciri khusus yaitu interaksi
    pribadi dengan konsumen, mempererat brand dengan konsumen, dan
    menciptakan tanggapan.
  7. Interactive Marketing (Pemasaran Interaktif)
    Menurut Kotler, dkk (2019) yang dimaksud dengan pemasaran interaktif
    adalah program dan kegiatan yang dilakukan secara online dan dirancang
    untuk melibatkan pelanggan atau prospek dan secara langsung atau tidak
    langsung meningkatkan awareness, meningkatkan image, atau
    memperoleh penjualan penawaran pasar (paket nilai, yaitu kombinasi
    atribut produk dan layanan). Pada media komunikasi pemasar ini
    konsumen dapat menyampaikan secara langsung apa yang sedang
    dibutuhkan atau diinginkan dengan harapan merek bisa memenuhi
    kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, pemasaran interaktif bergantung
    sepenuhnya terhadap tindakan yang dilakukan konsumen.
  8. Word of Mouth Marketing (Pemasaran dari Mulut ke Mulut)
    Word of Mouth Marketing merupakan media komunikasi pemasaran yang
    dilakukan dengan kepercayaan konsumen yang didapatkan setelah
    pengalaman dalam melakukan pembelian dari suatu brand. Hal tersebut
    dapat terjadi apabila konsumen mendapatkan kepuasan saat
    menggunakan produk dari brand tersebut. Ketika hal tersebut terjadi,
    konsumen tidak akan merasa ragu untuk mempromosikan atau
    membicarakan produk dari brand kepada teman atau kerabat terdekat.
    Menurut Kotler, dkk (2019) yang dimaksud dengan word of mouth
    marketing adalah komunikasi lisan, tertulis, atau elektronik dari orang-
    ke-orang yang berhubungan dengan manfaat atau pengalaman membeli
    dan mengonsumsi penawaran pasar.
  9. Media Social Marketing (Pemasaran Media Sosial)
    Menurut Kotler, dkk (2019) pemasaran media sosial adalah komunikasi
    elektronik orang-ke-orang yang dilakukan melalui media online yang
    berhubungan dengan manfaat atau pengalaman membeli dan
    mengonsumsi penawaran pasar. Social media marketing dapat mengacu
    pada penggunaan media sosial untuk memasarkan produk dan layanan
    dari suatu perusahaan atau bisnis. Selain itu, social media marketing juga
    menyediakan wadah atau tempat dimana sebuah perusahaan dapat
    membagikan informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen seperti
    memberikan diskon eksklusif dan kesempatan bagi konsumen untuk
    membuat konsumen merasa dihargai dan memperdalam ikatan khusus
    antara konsumen dengan brand. Social media marketing memiliki
    cakupan khalayak yang luas karena siapapun dapat melihat dan merasakan
    bentuk promosi yang disampaikan oleh brand

No comments:

Post a Comment