Tuesday, June 18, 2024

Endorser

 


Menurut Terence A. Shimp (2010), endorser adalah pendukung iklan atau
yang dikenal juga sebagai bintang iklan dalam mendukung iklan produknya.
Shimp juga membagi endorser dalam 2 (dua) jenis, yaitu :
a. Typical-Person Endorser adalah orang-orang biasa yang tidak terkenal untuk
mengiklankan suatu produk.
b. Celebrity Endorser adalah penggunaan orang terkenal (Public Figure) dalam
mendukung suatu iklan.
Celebrity endorser didefinisikan sebagai seorang figure yang dikenal baik
oleh publik dan memerankan dirinya sebagai konsumen dalam iklan. Selebriti
meliputi bintang film maupun bintang televisi, bintang olahraga, penyanyi dan
orang-orang tertentu lainnya yang berpengaruh (Sidharta, 2014). Banyak faktor
yang dipertimbangkan produsen dalam memilih endorser sebagai bintang iklan.
Penelitian yang dilakukan oleh Guan Feng Song dan Sirion Chaipoopiratana
(2008) menyimpulkan bahwa faktor yang digunakan untuk memilih celebrity
endorser adalah:

  1. Risk
    Faktor risiko ini sendiri terdiri dari biaya untuk memperoleh layanan
    dari selebriti (endorcement fee), citra resiko perubahan besar kecilnya
    kemungkinan bahwa selebriti akan berada dalam masalah setelah dukungan
    dilakukan (image change risk), sulit atau mudahnya selebriti bekerjasama
    (exclusive representation), berapa banyak merek lain yang sedang didukung
    selebriti tersebut (overshadowing) dan perbedaan karakter selebriti dengan
    produk yang diiklankan (differentiation).
  2. Physical Attractiviness
    Sifat yang dimiliki seorang yang dapat menimbulkan rasa ketertarikan
    terhadap dirinya. Daya tarik fisik seorang selebriti adalah salah satu alasan
    untuk seorang selebriti disukai oleh penonton. Faktor Physical Attractivines
    ini sendiri terdiri dari Kecakapan/ kecantikan (handsome/ pretty), modis
    (fashionable), sexi (sexy), daya tarik (attractiviness), dan elegan (elegant).
  3. Credibility
    Credibility juga dianggap penting sebagai alasan utama dan faktor
    penentu dalam pemilihan celebrity endorser. Kredibilitas adalah sebuah
    sifat yang dimiliki seseorang yang dapat menimbulkan kepercayaan orang
    lain terhadap dirinya atas kebenaran yang disampaikan melalui iklan. Faktor
    tersebut meliputi Reputasi (reputation), popularitas seorang celebrity
    endorser(popularity), Citra publik tentang celebrity endorser (public
    image), kepercayaan (trustworthiness), dan laku tidaknya celebrity
    endorser(deporment).
  4. Amiability
    Amiability mengacu pada kemampuan selebriti untuk menjaga
    keramahan dengan masyarakat sehingga bisa diterima dan disukai oleh
    masyarakat. Oleh karena itu praktisi lebih mendukung selebriti yang sangat
    ramah. Faktor Amiability ini sendiri terdiri dari Keberanian (outgoing and
    bold), disukai (likeability), dan celebrity yang dapat membina hubungan
    sosial (socialassociation/ intercourse).
  5. Celebrity Product Match
    Para eksekutif periklanan menuntut agar citra selebriti, nilai, dan
    perilakunya sesuai dengan kesan yang diinginkan untuk produk yang
    diiklankan. Faktortersebut terdiri dari penampilan celebrity endorser yang
    cocok dengan produk (celebrity appearance/ image product match), dan
    kelebihan selebriti yang cocok dengan produk (celebrity value product
    match).
  6. Proffesion
    Orang akan menghormati profesi apa pun, seperti sebagai pekerja
    keras dan seseorang yang bertanggung jawab. Apabila profesi selebriti
    memiliki beberapa hubungan dengan produk yang didukung sehingga dapat
    dipercaya untuk berbicara tentang produk yang didukung, hal tersebut akan
    menjadikan pengaruh yang besar bagi masyarakat untuk memilih produk
    yang diiklankan oleh celebrity endorser tersebut. Faktor ini terdiri dari
    Keahlian (expertise), pekerja keras (hardworking and responsible) dan
    berpengetahuan (knowledge/ qualified to talk about product).
  7. Celebrity Audience Match
    Bahwa kecocokan selebriti tidak hanya pada produk yang diiklankan
    akan tetapi kecocokan meliputi bintang iklan dimana merupakan public
    figur yang patut dipandang oleh khlayak umum. Faktor Celebrity Audience
    Match ini terdiri dari Penampilan selebriti yang cocok dengan penonton
    (celebrity appearance/ image audience match).

No comments:

Post a Comment