Menurut Saladin (2011: 98) faktor-faktor yang mempengaruhi harga
adalah sebagai berikut :
1..Demand for the product, dimana perusahaan perlu memperkirakan
permintaan terhadap produk yang merupakan langkah penting dalam
penetapan harga suatu produk.
- Target share of the market, yaitu pangsa pasar mana yang ditargetkan
oleh perusahaan. - Competitive reactions, yaitu reaksi dari pesaing
4..Use of creams-skimming pricing of penetration pricing, yaitu
mempertimbangkan langkah-langkah yang harus diambil pada saat
perusahaan memasuki pasar dengan harga yang tinggi atau dengan harga
yang rendah.
5..Other parts of the marketing mix, yaitu perusahaan perlu
mempertimbangkan kebijakan marketing mix (kebijakan produk,
kebijakan promosi dan saluran distribusi). - Biaya untuk memproduksi atau membeli produk.
Berdasarkan teori-teori yang dikemukan oleh para ahli, bahwa harga
adalah salah satu elemen baru pemasaran yang menghasilkan pendapatan
atau menghasilkan laba dan elemen lain yang menghasilkan biaya. Yang
dapat diukur dengan indikator : (1) Daftar harga, (2) Keterjangkauan harga,
(3) Kesesuaian harga (4) Potongan harga.
No comments:
Post a Comment