Tuesday, June 18, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

 


Terdapat empat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam
pembelian suatu produk. Faktor-faktor ini memberi pengaruh yang cukup
signifikan terhadap konsumen dalam memilih produk yang akan dibelinya,
menurut Kotler dan Keller (2009:214) faktor-faktor ini terdiri dari :

  1. Cultural Factor (Faktor Budaya)
    a. Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling mendasar
    b. Sub budaya, terdiri dari kebangsaan, agama, kelompok, ras dan daerah
    georgrafis. Banyak sub-budaya yang membentuk segmen pasar penting,
    dan pemasar sering merancang produk dan program pemasar yang
    disesuaikan kebutuhan mereka.
    c. Kelas sosial, merupakan pembagian masyarakat yang yang relatif
    homogen dan permanen, dan tersusun secara hirarkis dan anggotanya
    menganut nilai-nilai minat dan perilaku yang sama.
  2. Sosial factor (Faktor Sosial)
    Faktor Sosial yang mempengaruhi perilaku pembelian, seperti:
    a. Kelompok Referensi
    Kelompok referensi (reference group) seseorang adalah semua kelompok
    uang mempunyai pengaruh langsung (tatap muka) atau tidak langsung
    terhadap sikap atau perilaku orang tersebut
    b. Keluarga
    Keluarga adalah organisasi pembelian konsumen yang paling penting
    dalam masyarakat dan anggota keluarga merepresentasikan kelompok
    referensi utama yang paling berpengaruh. Ada dua keluarga dalam
    kehidupan pembeli, yaitu: keluarga orientasi (family of orientation)
    terdiri dari orang tua dan saudara kandung, keluarga prokreasi (family of
    procreation) yaitu pasangan dan anak-anak.
    c. Peran Sosial dan Status
    Orang berpartisipasi dalam banyak kelompok, keluarga, klub, dan
    organisasi. Kelompok sering menjadi sumber informasi penting dalam
    membantu mendefinikasikan norma perilaku. Kita dapat mendefinisikan
    posisi seseorang dalam tiap kelompok di mana ia menjadi anggota
    bedasarkan peran dan status.
  3. Personal factor(Faktor Pribadi)
    Faktor pribadi juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi. Faktor pribadi
    meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup pembeli, pekerjaan dan keadaan
    ekonomi, kepribadian dan konsep diri, serta gaya hidup dan nilai
  4. Physicology factor(Faktor Pisikologis)
    Pilihan pembelian seseorang di pengaruhi oleh empat faktor yaitu :
    a. Motivasi
    Motivasi adalah kebutuhan yang mendorong seseorang untuk bertindak.
    b. Persepsi
    Merupakan proses yang digunakan oleh individu untuk memilih,
    mengorganisasikan, dan menginterpretasikan masukan – masukan
    informasi guna menciptakan gambaran dunia yang memiliki arti
    c. Pembelajaran
    Meliputi perubahan seseorang yang timbul berdasarkan pengalaman.
    d. Keyakinan dan sikap
    Keyakinan merupakan gambaran pemikiran yang dianut seseorang
    tentang suatu hal. Keyakinan dapat berdasarkan pengetahuan,
    pendapatan atau kepercayaan.

No comments:

Post a Comment