Tuesday, June 18, 2024

Komponen Citra Merek

 


Menurut Simamora dalam Ogi Sulistian (2011:33), menyatakan ada tiga
komponen citra merek, diantaranya adalah :

  1. Citra pembuat (Corporate Image)
    Yaitu sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan
    yang membuat suatu barang atau jasa. Bagi perusahaan manfaat brand adalah:
    a. Brand memudahkan penjual mengolah pesanan dan menelusuri masalah-
    masalah yang timbul.
    b. Brand memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan atau ciri khas
    produk.
    c. Brand memungkinkan untuk menarik sekelompok pembeli yang setia dan
    menguntungkan.
    d. Brand membantu penjual melakukan segmentasi pasar.
  2. Citra pemakai atau konsumen (user or customer image)
    a. Brand dapat menceritakan sesuatu kepada pembeli mengenai mutu.
    b. Brand membantu menarik perhatian pembeli terhadap produk-produk baru
    yang mungkin bermanfaat bagi merek.
  3. Citra produk (product image)
    Yaitu sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu
    barang atau jasa, seperti mengenai hal berikut:
    a. Kualitas produk asli atau palsu.
    b. Berkualitas baik.
    c. Desain menarik.
    d. Bermanfaat bagi konsumen

No comments:

Post a Comment