Menurut Song dan Chaipoopiratana (2010 .p,121) menemukan ada
tujuh faktor yang dapat digunakan untuk memilih celebrity endorser, yaitu:
- Physical Attractiveness (Daya tarik fisik) Daya tarik fisik ini
merupakan salah satu alasan seorang selebriti disukai oleh
konsumen. Faktor ini terdiri dari tampan/ cantik (handsome/
pretty), modis (fashionable), seksi (sexy), daya tarik
(attractiveness), dan elegan (elegant). - Credibility (Kredibilitas) Kredibilitas adalah sifat yang ada pada
siri seseorang dimana dapat menimbulkan kepercayaan orang lain
terhadap dirinya atas kebenaran yang disampaikan melalui iklan.
Faktor ini meliputi reputasi (reputation), popularitas (popularity),
citra publik tentang celebrity endorser (public image), kepercayaan
(trustworthiness), dan sikap celebrity endorser itu sendiri
(deportment). - Amiability (Keramahan) Amiability mengacu pada kemampuan
selebriti dalam menjaga keramahan dengan masyarakat sehingga
dapat diterima dan disukai oleh masyarakat. Faktor ini terdiri dari
keberanian(outgoing and bold), disukai (likeability), dan selebriti
yang dapat membina hubungan sosial (social association/
intercourse). - Celebrity Product Match (Kecocokan dengan produk) Pemasar
menginginkan agar citra selebriti, nilai, dan perilakunya sesuai
dengan kesan yang diinginkan untuk produk yang diiklankan.
Faktor ini
No comments:
Post a Comment