Wednesday, June 26, 2024

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Celebrity Endors

 


Menurut Song dan Chaipoopiratana (2010 .p,121) menemukan ada
tujuh faktor yang dapat digunakan untuk memilih celebrity endorser, yaitu:

  1. Physical Attractiveness (Daya tarik fisik) Daya tarik fisik ini
    merupakan salah satu alasan seorang selebriti disukai oleh
    konsumen. Faktor ini terdiri dari tampan/ cantik (handsome/
    pretty), modis (fashionable), seksi (sexy), daya tarik
    (attractiveness), dan elegan (elegant).
  2. Credibility (Kredibilitas) Kredibilitas adalah sifat yang ada pada
    siri seseorang dimana dapat menimbulkan kepercayaan orang lain
    terhadap dirinya atas kebenaran yang disampaikan melalui iklan.
    Faktor ini meliputi reputasi (reputation), popularitas (popularity),
    citra publik tentang celebrity endorser (public image), kepercayaan
    (trustworthiness), dan sikap celebrity endorser itu sendiri
    (deportment).
  3. Amiability (Keramahan) Amiability mengacu pada kemampuan
    selebriti dalam menjaga keramahan dengan masyarakat sehingga
    dapat diterima dan disukai oleh masyarakat. Faktor ini terdiri dari
    keberanian(outgoing and bold), disukai (likeability), dan selebriti
    yang dapat membina hubungan sosial (social association/
    intercourse).
  4. Celebrity Product Match (Kecocokan dengan produk) Pemasar
    menginginkan agar citra selebriti, nilai, dan perilakunya sesuai
    dengan kesan yang diinginkan untuk produk yang diiklankan.
    Faktor ini

No comments:

Post a Comment