Menurut (Bima et al 2012:33) dalam jurnal Risqy Aziz Basuki
(2021) Celebrity endorser memiliki empat indikator yaitu:
- Visibility memiliki sudut pandang seberapa jauh ketenaran seorang
selebriti bila dihubungkan dengan ketenaran maka dapat ditentukan
seberapa banyak pengagum yang dimiliki oleh celebrity endorser
(popularitas) dan bagaimana penampilannya didepan masyarakat
(apperances). - Credibility Kredibilitas yang dimiliki oleh seorang selebriti
memiliki hubungan dengan dua hal yaitu keahlian dan objektivitas.
Keahlian memiliki hubungan dengan pengetahuan selebriti dalam
memberi kepercayaan dan confidence terhadap calon pembeli.
Kredibilitas meemiliki peran penting karena konsumen bisa menilai
tingkat kredibilitas, yaitu:
a. Expertise (Keahlian), keahlian bisa menentukan berapa luas
pengetahuan yang dimiliki dari endorser..
b. Trustworthiness (Kepercayaan), karakterisitik ini
menunjukkan kejujuran seseorang endorser untuk
menyampaikan informasi dari suatu produk atau jasa dalam
iklan. - Attraction yaitu Penerimaan pesan yang akan dikirim lalu diterima
oleh pelanggan tergantung dari daya tarik endorser. Endorser akan
berhasil merubah kesan serata perilaku konsumen melalui
mekanisme daya Tarik. - Power yaitu kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh selebriti
untuk menarik penggemarnya. Item dari power adalah kekuatan
untuk meningkatkan image, kekuatan untuk menjadi inspirasi, dan
kekuatan untuk meningkatkan produk (Achadia, 2017:50).
No comments:
Post a Comment