Wednesday, June 26, 2024

Indikator Celebrity endorser

 


Menurut (Bima et al 2012:33) dalam jurnal Risqy Aziz Basuki
(2021) Celebrity endorser memiliki empat indikator yaitu:

  1. Visibility memiliki sudut pandang seberapa jauh ketenaran seorang
    selebriti bila dihubungkan dengan ketenaran maka dapat ditentukan
    seberapa banyak pengagum yang dimiliki oleh celebrity endorser
    (popularitas) dan bagaimana penampilannya didepan masyarakat
    (apperances).
  2. Credibility Kredibilitas yang dimiliki oleh seorang selebriti
    memiliki hubungan dengan dua hal yaitu keahlian dan objektivitas.
    Keahlian memiliki hubungan dengan pengetahuan selebriti dalam
    memberi kepercayaan dan confidence terhadap calon pembeli.
    Kredibilitas meemiliki peran penting karena konsumen bisa menilai
    tingkat kredibilitas, yaitu:
    a. Expertise (Keahlian), keahlian bisa menentukan berapa luas
    pengetahuan yang dimiliki dari endorser..
    b. Trustworthiness (Kepercayaan), karakterisitik ini
    menunjukkan kejujuran seseorang endorser untuk
    menyampaikan informasi dari suatu produk atau jasa dalam
    iklan.
  3. Attraction yaitu Penerimaan pesan yang akan dikirim lalu diterima
    oleh pelanggan tergantung dari daya tarik endorser. Endorser akan
    berhasil merubah kesan serata perilaku konsumen melalui
    mekanisme daya Tarik.
  4. Power yaitu kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh selebriti
    untuk menarik penggemarnya. Item dari power adalah kekuatan
    untuk meningkatkan image, kekuatan untuk menjadi inspirasi, dan
    kekuatan untuk meningkatkan produk (Achadia, 2017:50).

No comments:

Post a Comment