Friday, June 28, 2024

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

 


Perusahaan perlu mengukur kepuasan pelanggan guna melihat umpan balik
maupun masukan yang dapat diambil oleh perusahaan untuk keperluan pengembangan
dan implementasi strategi peningkatan kepuasan pelanggan Kotler (1999: 54)
mengemukakan bahwa terdapat empat metode untuk mengukur kepuasan pealnggan,
yaitu:

  1. Sistem keluhan dan saran. Setiap perusahaan yang berpusat pada pelanggan
    (customer centered) perlu memberikan kesempatan bagi pelanggannya untuk
    menyampaikan saran, pendapat, dan keluhan mereka.
  2. Survei kepuasan pelanggan. Perusahaan tidak dapat beranggapan bahwa
    sistem keluhan dan saran dapat menggambarkan secara lengkap kepuasan
    dan kekecewaan pelanggan. Perusahaan yang responsif mengukur kepuasan
    pelanggan dengan mengadakan survey berkala. Mereka mengirimkan daftar
    pertanyaan atau menelpon suatu kelompok acak dari pembeli mereka untuk
    mengetahui perasaan mereka terhadap berbagai aspek kinerja perusahaan.
    Perusahaan juga menanyakan pendapat pembeli mengenai kinerja
    perusahaan pesaing.
  3. Lost customer analysis (analisis pelanggan yang beralih). Perusahaan
    sebaiknya menghubungi para pelanggan yang telah berhenti membeli atau
    yang telah berpindah pemasok agar dapat memahami mengapa hal ini terjadi
    dan supaya dapat mengambil kebijakasanaan perbaikan atau penyempurnaan
    selanjutnya

No comments:

Post a Comment