Perusahaan perlu mengukur kepuasan pelanggan guna melihat umpan balik
maupun masukan yang dapat diambil oleh perusahaan untuk keperluan pengembangan
dan implementasi strategi peningkatan kepuasan pelanggan Kotler (1999: 54)
mengemukakan bahwa terdapat empat metode untuk mengukur kepuasan pealnggan,
yaitu:
- Sistem keluhan dan saran. Setiap perusahaan yang berpusat pada pelanggan
(customer centered) perlu memberikan kesempatan bagi pelanggannya untuk
menyampaikan saran, pendapat, dan keluhan mereka. - Survei kepuasan pelanggan. Perusahaan tidak dapat beranggapan bahwa
sistem keluhan dan saran dapat menggambarkan secara lengkap kepuasan
dan kekecewaan pelanggan. Perusahaan yang responsif mengukur kepuasan
pelanggan dengan mengadakan survey berkala. Mereka mengirimkan daftar
pertanyaan atau menelpon suatu kelompok acak dari pembeli mereka untuk
mengetahui perasaan mereka terhadap berbagai aspek kinerja perusahaan.
Perusahaan juga menanyakan pendapat pembeli mengenai kinerja
perusahaan pesaing. - Lost customer analysis (analisis pelanggan yang beralih). Perusahaan
sebaiknya menghubungi para pelanggan yang telah berhenti membeli atau
yang telah berpindah pemasok agar dapat memahami mengapa hal ini terjadi
dan supaya dapat mengambil kebijakasanaan perbaikan atau penyempurnaan
selanjutnya
No comments:
Post a Comment