Menyebutkan faktor-faktor pembentuk citra merek (Indria Nurul Uyun & Ni
Wayan, 2021) adalah sebagai berikut :
- Kualitas atau mutu, berkaitan dengan kualitas produk barang yang
ditawarkan oleh produsen dengan merek tertentu. - Dapat dipercaya atau diandalkan, berkaitan dengan pendapatan atau
kesepakatan yang dibentuk oleh masyarakat tentang suatu produk
yang dikonsumsi. - Kegunaan atau manfaat yang terkait dengan fungsi dari suatu
produk barang yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen. - Pelayanan, yang berkaitan dengan tugas produsen dalam melayani
konsumennya. - Risiko, berkaitan dengan besar kecilnya akibat atau untung dan rugi
yang mungkin dialami oleh konsumen - Harga, yang dalam hal ini berkaitan dengan tinggi rendahnya atau
banyak sedikitnya jumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk
mempengaruhi suatu produk, juga dapat mempengaruhi citra jangka
panjang. - Citra yang dimiliki oleh merek itu sendiri, yaitu berupa pandangan,
kesempatan dan informasi yang berkaitan dengan suatu merek dari
produk tertentu.
Manfaat Brand Image ada 2 yaitu : - Manfaat Bagi Perusahaan
Perusahaan dapat mengembangkan lini produk lainnya dengan
memanfaatkan citra positif yang telah terbentuk terhadap produk lamanya. - Manfaat Bagi Konsumen
Konsumen dengan citra yang positif terhadap merek tertentu, lebih
mungkin untuk melakukan pembelian hingga pembelian ulang secara terus
menerus.
No comments:
Post a Comment