Menurut Tjiptono (2012) dalam Harsono (2018:7) faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan adalah ikatan
emosional yang terjalin antara pelanggan dan produsen setelah
pelanggan menggunakan produk dan jasa dari perusahaan dan
mendapati bahwa produk atau jasa tersebut memberi nilai tambah.
Dimensi nilai terdiri dari 4, yaitu:
- Nilai emosional, merupakan perasaan atau afektif atau emosi
positif yang ditimbulkan dari mengonsumsi produk. Jika
konsumen mengalami perasaan positif (positive feeling) pada saat
membeli atau menggunakan suatu merek, maka merek tersebut
memberikan nilai emosional. Pada intinya nilai emosional
berhubungan dengan perasaan, yaitu perasaan positif apa yang
akan dialami konsumen pada saat membeli produk. - Nilai sosial, merupakan utilitas yang didapat dari kemampuan
produk untuk meningkatkan konsep diri-sosial konsumen. Nilai
sosial merupakan nilai yang dianut oleh suatu konsumen,
mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk
oleh konsumen. - Nilai kualitas, utilitas yang didapat dari produk karena reduksi
biaya jangka pendek dan biaya jangka panjang. - Nilai fungsional, merupakan nilai yang diperoleh dari atribut
produk yang memberikan kegunaan (utility) fungsional kepada
konsumen nilai ini berkaitan langsung dengan fungsi yang
diberikan oleh produk atau layanan kepada konsumen
No comments:
Post a Comment