Tuesday, June 18, 2024

Hubungan Antara Minat Beli dan Selebgram Endorsement

 


Terdapat persaingan yang ketat diantara para pelaku bisnis di Indonesia
sebagai akibat dari banyaknya pemakai medsos dan pelaku bisnis online di
Indonesia. Ketika seorang konsumen berniat untuk melakukan pembelian, setiap
pelaku usaha perlu mempertimbangkan bagaimana cara untuk menarik perhatian
mereka. Menggunakan dukungan selebriti adalah salah satu cara yang bisa
dijalankan oleh pengusaha internet untuk mencapai hal ini (Prastyanti, Gita. 2017).
Pengiklan yang mendukung iklan lebih cenderung orang biasa. Mereka
biasanya digunakan sebagai strategi pemasaran untuk menarik perhatian pelanggan.
Pelanggan merasa lebih mudah untuk mengidentifikasi orang-orang biasa karena
mereka percaya bahwa mereka memiliki konsep diri, nilai, kepribadian, gaya hidup,
ciri-ciri demografis yang sebanding, dan sebagainya. Tujuan penggunaan endorser
adalah untuk membantu pesan iklan menjadi lebih mudah diterima oleh konsumen
dan membantu mereka mengembangkan rasa kepercayaan yang lebih besar
terhadap produk yang sedang dipromosikan (Rama, strategi kreatif, 71).
Pemasar dapat dengan mudah menjangkau target audiens mereka dengan
memanfaatkan daya tarik selebriti. Selebriti memiliki kekuatan untuk
mempengaruhi opini publik dan mendorong penggunaan atau pembelian produk
dan layanan tertentu. Identifikasi ini dapat berasal dari pengakuan (orang atau
skenario nyata atau simulasi), empati (seseorang atau situasi), kekaguman (seorang
atlet), atau inspirasi (bintang film ataupun gaya hidup). Pembeli potensial terkadang
percaya, "Apabila dia memakainya, pasti bagus, dan apabila saya memakainya,
saya pasti bakal menyukainya" (Alwin, Usman, 2016)

No comments:

Post a Comment