Tuesday, June 18, 2024

Minat Beli

 


Minat beli menurut Siahaan (2008) yaitu pilihan untuk memperoleh suatu
merek dari sejumlah merek yang bersaing. minat beli berkembang sebagai hasil dari
sejumlah kegiatan yang berurutan, seperti identifikasi keperluan, pencarian
informasi, penilaian informasi, dan pada akhirnya minat beli konsumen. Minat beli
konsumen, menurut Yamit (2010), adalah penilaian yang dilakukan setelah
pembelian atau sebagai hasil dari harapan dan perasaan yang kontras.
Minat beli, seperti yang didefinisikan oleh Kotler & Keller (2009), adalah
perilaku yang ditunjukkan oleh pelanggan dalam menanggapi item yang
menyampaikan niat mereka untuk melakukan pembelian. Salah satu fase dalam
proses pembelian konsumen adalah minat beli. Pelanggan memperoleh niat beli
atau kecenderungan untuk membeli ketika, pada titik tertentu, mereka telah mencari
serta menilai informasi dari alternatif merek dan telah membuat keputusan untuk
membeli sebagai hasil dari tahap evaluasi alternatif. Salah satu cara untuk
mendefinisikan niat beli adalah afirmasi mental konsumen yang mengekspresikan
niat mereka untuk membeli beberapa barang dengan merek tertentu.
Mengetahui apakah konsumen tertarik untuk membeli suatu produk atau
tidak sangat penting bagi pemasar, karena variabel minat digunakan oleh para
ekonom dan pemasar untuk meramalkan perilaku konsumen di masa depan. Salah
satu faktor psikologis yang secara signifikan mempengaruhi sikap pelaku adalah
minat beli. Bentuk lain dari motivasi yang bakal mendorong individu untuk
menyelesaikan suatu tugas ataupun tindakan adalah minat. Schiffman dan Kanuk
(2016) mendefinisikan motivasi sebagai kekuatan pendorong internal yang
mendorong orang untuk bertindak. Seseorang akan termotivasi untuk mempelajari
cara menggunakan suatu produk jika ia memiliki motivasi yang tinggi terhadap
produk tersebut. Di sisi lain, jika dia tidak memiliki motivasi, dia akan berusaha
untuk mengabaikan masalah tersebut.
Lucas dan Britt (2011) membuat daftar elemen-elemen minat beli sebagai
berikut:

  1. Perhatian konsumen, terfokus pada suatu produk (barang atau jasa).
  2. Konsumen akan merasakan rasa ingin tahu setelah adanya perhatian.
  3. Sensasi menginginkan atau memiliki suatu produk adalah aspek lain
    dari keinginan.
    Berikut ini adalah indikator minat beli sesuai Schiffman dan Kanuk
    (2008:470-471):
  4. Keinginan untuk mempelajari detail tambahan tentang produk
  5. Berpikir untuk membeli
  6. Ingin mempelajari lebih lanjut terkait produk
  7. Kecenderungan untuk mencoba barang tersebut
  8. Ingin membeli barang tersebut

No comments:

Post a Comment